"Harus menjaga sopan santun. Jika tidak ada sopan santun, maka malapetaka akan datang."

Presiden Joko Widodo menyampaikan kepada Kahiyang dan Bobby agar selalu menjaga so@an santun. Pesan ini tentu sangat cocok untuk disampaikan kepada anak Moms. Sejak kecil sudah sebaiknya anak diajarkan untuk menjaga sopan santun  baik kepada keluarga, teman, bahkan kepada orang-orang di luar sana yang belum dan akan mereka kenal. Beritahu kepada anak kamu jika harus berperilaku baik kepada semua orang tanpa memandang usia, ya Moms. 
 

source: http://www.tribunnews.com

"Manis bukan hanya di mulut, tapi juga di hati. Kebaikan yang dilakukan dengan sepenuh hati."

Bersikap baik ketika berbicara dan berperilaku. Anak-anak memang masih dalam tahap belajar apalagi anak yang masih balita. Mereka masih belajar mengatur emosi dan menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Namun, menasehatinya agar berbicara  dan berperilaku baik sejak dini sangatlah baik, Moms. Beritahu buah hatimu bahwa dengan bertingkah laku baik, maka ia akan mendapatkan kebaikan pula. 

source: http://www.metrotvnews.com
baca juga

"Jika ada kemalangan walaupun tidak diundang wajib datang dan menolong namun, jika ada kegembiraan, jangan datang jika tak diundang."

Yuk, Moms beritahu anak untuk peka terhadap lingkungan, memberikan bantuan kepada siapa pun yang memerlukan pertolongan. Hal ini dapat kamu mulai dengan menasehatinya, dan memintanya membantu kamu melakukan pekerjaan rumah yang ringan. Misalnya kamu bisa minta si kecil membantumu membersihkan mainannya. Atau membantu kamu membuang sampah. Pertama-tama kamu akan minta tolong kepadanya. Namun lama-kelamaan dengan sendirinya dia akan menawaran bantuan untukmu. Kebiasaan ini akan terus tertanam dalam diri anak Moms, dan mereka pun akan belajar bersimpati dan ingin membantu orang lain. 

source: http://www.liputan6.com

"Kalau kita banyak menanam, maka kita akan banyak menuai hasilnya. Banyak-banyaklah berbuat kebaikan agar ananda banyak memetik kebaikan."

Presiden Joko Widodo menasehati Kahiyang dan Bobby untuk terus menabung kebaikan sehingga nasib baik akan mengalir dari Tuhan. Nasehati pula anak Moms untuk selalu berbuat kebaikan tanpa pamrih. Beritahu dia bahwa kebaikan akan dibalas dengan kebaikan pula. Anak-anak mungkin belum terlalu mengerti dengan hal ini. Namun kamu dapat perlahan-lahan memberitahunya apa saja yang termasuk perbuatan baik agar nantinya menjadi hal yang biasa untuknya. 

source: http://www.tribunnews.com

Nasehat-nasehat tersebut sangat bagus, ya Moms. Tak hanya bisa disampaikan ketika anak dewasa, namun juga anakmu yang sedang dalam masa pertumbuhan. Memberikan nasehat sejak dini akan membuatnya terbiasa melakukan perbuatan baik. Ingat, yang penting Moms memberikan nasehat dan mendidik buat hati dengan kasih sayang, ya!