1. Tidak Menggunakan Sabun Khusus Bayi

Duh, hal ini tentunya harus moms hindari kalau tak mau kulit Si kecil gatal-gatal atau sampai iritasi. Menggunakan sabun seadanya atau sabun orang dewasa untuk memandikan bayi merupakan cara yang benar-benar salah. Hal ini karena kulit bayi tentunya sangat berbeda dengan orang dewasa, dimana masih sangat rentan dan sensitif terhadap benda yang masuk atau menempel pada kulitnya. Nah, moms harus memerhatikan betul penggunaan sabun yang digunakan untuk memandikan Si kecil ya. 

source: https://www.quora.com

2. Berganti-ganti Sampo

Hindari berganti-ganti merk sampo terlalu sering karena akan membuat kulit kepala bayi menjadi iritasi dan gatal-gatal. Waktu ideal untuk bayi keramas juga hanya cukup 1-2 kali saja dalam semingggu lh, moms. Selain itu, rambut bayi belum terlalu kotor dan kulit kepala bayi juga masih sangat sensitif jika setiap hari terkena sampo. Ketika memakaikan Si kecil sampo, moms juga harus berhati-hati agar cairan sampo tidak terkena mata apalagi hingga masuk ke bagian kuping. Caranya basahi terlebi dahulu rambut bayi, kemudian gosok-gosok sampo pada tangan dengan menggunakan sedikit air. Nah, setelah berbusa usapkan ke bagian kepala bayi secara lembut tak perlu ditekan-tekan. 

source: http://momjunction.com
baca juga

3. Terlalu Lama

Tubuh bayi tentunya belum terlalu kotor atau berkeringat yang berlebih seperti orang dewasa. Nah, dalam hal ini moms tidak perlu memandikan Si kecil terlalu lama seperti menggosok badannya terlalu detail dan lama. Hal ini justru akan membuat Si kecil kedinginan dan bisa masuk angin karena terlalu lama berada di dalam air. Cukup 5-10 menit ketika memandikan Si kecil, dari mulai menyabuni, keramas dan membilasnya. Selain itu siapkan segala peralatan mandi di dekat bak mandi bayi, agar tidak menyulitkan moms ketika ingin mengambil handuk atau peralatan mandi lainnya. 

source: https://momtricks.com

4. Suhu Air yang Terlalu Dingin atau Panas

Jangan samakan ketahanan kulit bayi dengan kulit orang dewasa yang masih bisa menahan rasa dingin atau panas. Nah, ketika ingin memandikan Si kecil moms harus perhatikan betul suhu air, agar tidak membahayakan Si kecil. Jika ingin menggunakan air dingin, sebaiknya gunakan air yang baru mengalir jangan gunakan air yang sudah lama berada di dalam kolam karena suhunya sudah sangat dingin. Nah, jika ingin menggunakan air hangat, pastikan moms mencobanya untuk menghindari Si kecil merasakan air yang terlalu panas. 

source: https://babycenter.com