Beberapa waktu lalu, kami berinisiatif untuk mengajak arsen pergi ke Kuntum Farmfield. Alasannya adalah pertama karena dekat dari rumah, kedua karena sudah agak bosan ke mall, dan ketiga karena kami lihat arsen sangat suka dengan binatang.

Ketika idul adha kemarin, arsen dengan semangat manggil-manggil sapinya "moo moo" padahal ngga ada yang ngajarin, mungkin I have to say thanks to youtube this time :D

Lalu arsen juga suka banget manggil kucing depan rumah, bahkan ngga segan untuk kejar-kejar dan elus-elus kucing peliharaan saudara. 

Note : mamaAcen takut banget sama kucing, jadi boro-boro melihara kucing, itu kucing liwat aja udah serem wkwkwkw

Akhirnya kami memutuskan, yaudah bawa deh ke kuntum, dia pasti seneng kan!!

Kuntum farmfield sendiri lokasinya di Jalan Raya Tajur No.291 Bogor - Jawa Barat. Ngga jauh dari pintu tol ciawi. Berangkatnya mending lewat ciawi, pulangnya baru lewat bogor *penting*

Di Kuntum Farmfield ngga cuma banyak bintang tapi ada tanaman dan sayuran yang bisa kita beli.

Kuntum farmfield buka di hari Senin-Minggu jam 8.00 - 18.00 dengan harga tiket 40.000/orang. Disini juga ada pendopo untuk rombongan yang mau buat acara gathering.

Pertama masuk kita boleh ambil topi camping dan dipinjamkan secara gratis. Lalu ada kolam ikan dan juga wastafel untuk cuci tangan ketika selesai bermain didalam. 

Kandang paling depan adalah kandang kambing kecil yang setiap sore biasanya dilepas. Alhamdulillah pas kesana siang hari jadi ngga dilepas karena suka ngejar-ngejar kayak kucing kecil gitu daaaaannn pastinya mamaAcen bakal kabur wkwkwk..

Lalu ada kandang sapi, kerbau, kelinci, dan juga dibelakang ada sawah beserta tempat pemancingan. Buat yang hobi mancing bisa juga mancing disini dan untuk ikan yang ditangkap ada biayanya. Karena kita gak nyoba jadi gak tau berapa harganya.

Arsen mencoba untuk memberi makan ayam dan burung-burung disana. Biaya beli makanannya 5ribu sekantong plastik kiloan (apasih, pokoknya yang putih bening itulah yaa wkwkwk) bisa dibagi-bagi ke bebek juga sih itu makanannya.

Setelah itu arsen coba untuk memberi minum kambing menggunakan botol susu. Harganya 5ribu untuk 1 botol susu kambing dan 10ribu untuk 1 botol susu sapi. Yang berbeda hanya di botolnya aja, karena isinya literally SUSU SAPI!! Jadi even kambing minumnya juga susu sapi. Hmm disini aku cukup bingung, nanti kambingnya bingung putting gak yaa disuru minum susu dari induk berbeda *lah*

Disebelah kandang kambing dan sapi ada kandang tertutup untuk kelinci. Kenapa dibilang tertutup karena emang berada kayak didalam ruangan gitu. Untuk beli wortelnya juga 5ribu rupiah. Tapi kemarin ngga beli hehehe cuman pegang-pegang kelincinya aja. Semua kelincinya beneran baguuussss banget. Gendut dan bulunya banyak. Tapi pada mager tiduran doang itu kelincinya hehehehe. 

Disana sebenarnya bisa naik kuda, atau main-main ke sawah, tapi karena arsen masih terlalu kecil untuk dilepas ke sawah dan belum bisa jalan sendiri dengan sempurna, jadi kita cuma coba apa yang menurut kami baik untuk arsen.

Sebenarnya sempet degdeg-an karena vaksin arsen belum full takut ada apa-apa kalau main dengan binatang. Tapi bismillah aja semoga semua berjalan baik karena niatnya mau belajar hehehe.

Semoga memberikan informasi untuk mommy-mommy yang mau ajak anaknya belajar sambil bermain yaa :)