Hai Moms! Karena aku masih newbie banget nulis artikel tentang kehamilan. Jadi, disini sebenernya aku cuma mau sharing aja tentang kehamilanku. Kalau ada statementku yang kurang tepat atau perlu ditambahkan oleh moms boleh banget loh!

Jadi gini moms ceritanya, beberapa hari yang lalu. Aku ditugaskan untuk mengurus event yang cukup besar. Dan kebetulan sekali aku mengurusi live report social media. Dimana aku harus stay di dekat panggung. Memang stay di dekat panggung gak memakan waktu lama, hanya sekitar 30 menit. Namun ada hal yang sangat aku takutkan. 


(Source: http://ayobandung.com/images-bandung/post/articles/2017/07/09/21498/img_20170709_221604.jpg)

Moms pernah gak sih jantungnya berdegup lebih kencang dan merasa suara dari speaker yang besarnya minta ampun itu sampe bikin badan bergetar? Nah, itu yang aku rasakan saat melakukan live report. Awalnya aku merasa enjoy karena memang aku suka musik dan sangat menikmati live report yang sedang dilakukan. Tapi lama-lama aku berpikir


(Source: https://d2v9y0dukr6mq2.cloudfront.net/video/thumbnail/r0slGlPLiq71cgwa/crowd-people-young-fan-spectators-enjoy-concert-swaying-hands-up-in-air_bph4oyrc_thumbnail-full01.png)

"Gila lo, itu anak lo dalem perut gimana? Emang dia gak bisa denger apa yang lo denger?"

Ketika terlintas pemikiran itu dalam benak. Aku langsung mundur dan menjauhi speaker, karena takut kenapa-kenapa. Aku bertanya ke teman-teman yang sudah pernah hamil, mereka gak punya pengalaman datang ke konser dan berada dekat dengan speaker yang sedang berbunyi keras. Akhirnya aku langsung browsing di google dan luckily, gak ada satupun artikel yang menyebutkan kalo hal itu berbahaya.


(Source: https://www.tesco-baby.ie/content/uploads/2015/12/AM_p_hea_Happy_Healthy_pregnancy_WP.jpg)

Kok bisa ya moms gak bahaya? Padahal aku pikir-pikir, anak kan udah mulai bisa denger dari dalam kandungan. Nah, berarti speaker yang aku dengar jedag jedug kemarin dia juga bisa denger dong? Tapi jangan khawatir moms, aku mau share nih beberapa artikel yang based on research menyatakan klo itu gak berdampak apa-apa untuk baby di dalam kandungan.

Diutarakan Dr Yvonne Bohn, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Los Angeles, musik dengan aliran keras apalagi diputar dengan volume kencang memang bisa berpotensi mengganggu pendengaran ibu. Tapi, hal tersebut tidak selamanya berlaku pada bayi di dalam kandungan.

"Bayi memang bisa mendengar suara di luar tubuh tetapi cairan ketuban cukup menjadi peredam suara yang aman bagi bayi, sehingga pendengaran mereka tetap nyaman," kata Dr Bohn kepada CBS News, dikutip pada Jumat (27/2/2015).
(Source : https://health.detik.com/read/2015/02/27/083126/2844531/1299/ibu-hamil-dengarkan-musik-rock-kencang-kencang-bahayakah-untuk-si-kecil)

Menurut Heidi Murkoff, penulis buku What to Expect When You’re Expecting, sekaligus founder dari whattoexpect.com, nonton konser bersama pasangan dan teman justru dapat membuat Anda terhibur juga relaks. Momen tersebut harus Anda maksimalkan sebelun nantinya Anda dan pasangan sulit untuk bepergian atau hang out karena repot mengasuh Si Kecil. (Source : http://smartmama.com/2016/10/09/berbahayakah-nonton-konser-musik-kala-hamil/)

Mengenai masalah pendengaran, memang benar di usia sekitar 24 minggu, perkembangan telinga janin Anda kian pesat. Pada usia janin 27-30 minggu pendengarannya pun sudah sempurna sehingga mampu mendengar suara. Meski demikian, ternyata ia tidak mendengar suara sekeras yang Anda dengar. Pasalnya, janin dilindungi oleh cairan amnion sehingga seluruh tubuh termasuk pendengaran terlindungi dengan baik. Jadi meskipun mitos mengatakan mendengar musik atau suara berdampak negatif pada janin, nyatanya secara medis tidak demikian. (Source : http://smartmama.com/2016/10/09/berbahayakah-nonton-konser-musik-kala-hamil/)

Jadi intinya moms, as long as kita relax melakukan apapun dan membuat kita bahagia, sah-sah aja sih. Apalagi kalau udah ada pernyataan based on penelitian. We don't have to worry. Oh iya, tapi lakukan apa yang moms pengen selama itu gak membahayakan moms dan bayi dalam perut plus tidak ada keluhan yang begitu berarti.

Sehat terus. moms! Dan selamat menikmati kehamilan.