Happy mom raises a happy family. Saya "aamiin" kenceng sama pernyataan satu ini. Berhadapan dengan dua anak cowok yang baterainya semacam nuklir, rasanya "ruar biasa". Setiap ada kesempatan untuk rileks dan leha-leha, harus segera saya manfaatkan. Istilah kerennya, "me time". Waktunya kita memanjakan diri ya, Moms!

Sayang seribu sayang, saya nggak seberuntung para moms selebgram yang bisa nongkrong di kafe cakep. Atau masuk ke salon, luluran, creambath, keluar bak bidadari dari langit ketujuh.

Waktu bisa menghela napas pun seringnya singkat. Mau waktunya panjang? Antara dini hari atau pagi buta. Sungguh bukan pilihan saya untuk begadang. Keriput bisa datang lebih cepat, gampang masuk angin, mata mirip panda, dan jerawat sering mampir di wajah.

Apakah ini jadi alasan saya untuk putus asa? Tentu tidak, saya punya "mantra" untuk membuat otak tetap terbuka :
Start simple, start now, start from you. 

Ada saatnya, Aryo Nara akan merasa mengantuk di siang hari. Meskipun jam tidur siang mereka tidak terlalu lama ~ kecuali hujan besar di luar, membuat siapapun maunya "ngumpet" di balik selimut. Saya pun jadi tahu triknya, mencari kegiatan "me-time" yang bisa saya lakukan dalam waktu sempit. 

Apa saja jurus anti mati gaya saya ketika anak-anak sedang tidur siang?

 
1. Membaca
Sebagai hobi utama, saya tak bisa lepas dari menelusuri kata-kata. Apalagi pekerjaan saya sebagai penulis lepas, membuat otak ini perlu terus menggali ide. Tanpa membaca, manalah bisa saya menambah ilmu, wawasan, dan inspirasi.


pic : www.pexels.com

Bahan bacaan saya pun termasuk beragam. Fiksi, saya menggemari genre misteri, kriminal, komedi, dan petualangan. Untuk non fiksi, saya lebih suka "blogwalking" dan mencari artikel-artikel seru, mulai dari topik "parenting", "self-improvement", kesehatan, bahkan "movie review"! Sumbernya bisa dari mana saja. Kadang, saya melirik buku-buku anak, sekadar nostalgia masa kecil. Ehm, cerita-cerita di kolom "blog" MommyAsia juga "recommended" untuk dibaca, lo!


 2. Social media time
Hayo, ini pasti jadi “me time” andalan banyak Moms di luar sana. Memainkan jempol, “ngepoin” akun-akun selebgram dan gosip, sembari memberikan “like” dan komentar. Saya senang melirik bagaimana selebgram bisa menciptakan konten menarik.


pic : www.pexels.com

Lihat bagaimana penyajian foto yang sedap dipandang. “Curi” ilmu menulis “caption” dan status yang menggoda untuk dibaca sampai akhir. Lalu, coba membuat dalam “post” saya sendiri.
Adalah sebuah kebahagiaan hakiki, bisa menyuguhkan “post” yang bermanfaat dan disukai oleh “netizen”. It’s a good start to make your move in the online world!


3. Maskeran
Seabrek kegiatan dan jadwal padat, bukan halangan untuk muka “kinclong” ya, Moms! Kita ikuti saja langkah Korean skin care yang sedang diminati banyak kaum Hawa. Favorit saya adalah langkah-langkah berikut. Awali dengan “double cleansing” yang membersihkan wajah secara paripurna. Usap wajah dengan “hydrating toner” sambil menepuk-nepuk lembut. Tutup dengan sesi “sheet mask” selama 20 menit.


pic : my IG post

Pilih varian yang sesuai jenis dan masalah kulit Anda. Saya paling suka varian “bija” dan “tea tree” untuk menghindari jerawat. Kalau ingin ekstra kelembapan, saya gunakan lidah buaya (aloe). Sambil menunggu masker bekerja, dengarkan musik favorit, lengkap rasanya!
 

4. Olahraga
Di dalam badan yang sehat, terdapat jiwa yang sehat dan bahagia. Segala penat bisa hilang dengan menggerakkan raga ini. Belum sempat menyambangi pusat kebugaran atau sanggar senam favorit? Moms bisa “mencuri waktu” untuk berlatih selama 30 menit sehari.


pic : www.pexels.com

Biasanya, kalau ada yang bisa dititipi, saya pergi “jogging” atau bersepeda keliling kompleks. Nah, kalau sedang "terjebak" di rumah, coba nyalakan video Zumba atau aerobik, mulailah memeras keringat. Bisa juga Moms berlatih yoga di halaman belakang. Rasakan tubuh yang “meringan” karena mulai terbiasa dengan gaya hidup sehat ini.


5. Menulis
Bisa dibilang kegiatan ini nyaris segalanya buat saya. Menyalurkan emosi, mengisi pundi, sampai aktualisasi diri. Bahkan, menulis menyembuhkan "luka batin" saya ketika mengalami keguguran dulu.



pic : wwww.pexels.com

Saya nggak menaruh banyak ekspektasi waktu menulis di waktu luang. Corat-coret di kertas, membuat "outline". Ketik-ketik spontan di laptop atau ponsel. Siapa yang tahu, ide itu datang tanpa permisi. Dari celotehan singkat, tahu-tahu bisa jadi satu artikel yang bisa saya "post" di kesempatan mendatang.

 
Nah, itu beberapa hobi yang jadi "sweet escape" saya kalau anak-anak sedang terlelap siang-siang. Adakalanya juga, saya memilih untuk masuk ke selimut dan ikut bergelung, memeluk anak-anak seperti induk koala.

Kalau Moms sendiri bagaimana? "Share" pengalaman yuk! Kita bertukar cerita di kolom Komentar, ya!