Memiliki dua anak yang super aktif dan rasa ingin tahu yang besar, seringnya tak cukup diakomodasi dengan “bermain tenang”. Ini yang sering saya rasakan dengan duo #ninjaboys Aryo Nara. Energi yang seakan tak ada habisnya. Keinginan untuk bebas berlarian, berloncatan, dan mengulik hal-hal baru dengan leluasa. Termasuk di antaranya, bermain “kotor-kotoran”.
 
Masalahnya, tahu sendiri kan bagaimana lalu lintas Bandung di akhir pekan?

Macet dimana-mana, anak-anak keburu “cranky” sebelum tempat tujuan. Tempat-tempat bermain yang dekat dengan alam dan yang ada fasilitas “outbound” pun biasanya terletak di pinggiran kota. Lengkap dengan jalur berliku atau sekaligus paket kendaraan mengantre. Intinya, nggak menyenangkan untuk dibayangkan.
 
Sampai akhirnya, saya menemukan tempat ini, rekomendasi dari seorang kawan : Halaman Belakang alias Halbel. Tadinya, tempat ini dikenal dengan nama Edukidzment. Namun, belakangan ini berganti konsep dan dilengkapi fasilitasnya dengan "kids activity club" yang rajin menyelenggarakan event bermain seru. Cocok disebut “one stop playing and having fun place”.

Halbel termasuk di dalam kompleks sarana olahraga Bikasoga, Jl. Suryalaya Indah. Letaknya tak jauh dari Jl. Buah Batu dan Jl. Pelajar Pejuang. Mencapainya, bisa melalui beberapa rute.

Yang saya ambil di hari Minggu pagi adalah rute keluar tol Jl. Mohammad Toha, masuk ke Jl. Soekarno-Hatta, lalu belok di Jl. Pasirluyu Selatan. Tak sampai 30 menit dari rumah di kawasan Kopo, saya sudah tiba di Halaman Belakang. Saya mengambil rute ini untuk menghindari kemacetan yang menyambut di Jl. Buah Batu karena adanya Car Free Day.
 
Halbel terletak sesuai namanya, berupa halaman terhampar di belakang kompleks Bikasoga, dekat dengan arena futsal. Tempatnya tidak terlalu luas, namun terasa "private", cocok untuk playdate dengan peserta tak lebih dari 15 keluarga.


 


Sebuah kolam menyambut kami, dengan beberapa perahu di tepinya. Ada juga tempat duduk-duduk dan makan siang, serta sebuah warung kecil untuk jajan-jajan. Pos-pos halang rintang yang tersedia di area playground tidak banyak, kurang lebih sepuluh, termasuk flying fox. Kolam tangkap ikan pun tergolong kecil dan ikannya baru disebar menjelang sesi tangkap ikan.




 
Halbel menyediakan paket mini outbound dengan biaya Rp. 75.000,-, minimal untuk 10 anak. Paket ini yang saya ikuti, bersama beberapa kenalan. Sesi yang diikuti adalah main di playground, main di wahana air, flying fox, dan sesi mengecat keramik.






 
Aryo mengikuti seluruh sesi, sementara Nara masih ikut-ikutan saja. Di usianya yang baru 2 tahun, Nara tergolong belum punya fokus yang bisa bertahan lama dan memahami instruksi-instruksi panjang seperti pada team building. Halbel menyediakan dua orang instruktur yang disapa ‘Kakak’ untuk memandu outbound.



Overall, Aryo cukup menikmati sesi main di Halbel ini. Nara pun senang, terutama bisa “kecipak kecipuk” bermain air dan ikut tangkap ikan. Pokoknya puas bertualang dan tak perlu risau sama “kotor-kotoran”.
 
Saat makan siang, kami menyantap paket makan yang juga disediakan di Halbel. Menunya tergolong sangat terjangkau dengan harga mulai dari Rp. 15.000 hingga Rp. 35.000,-. Pilihan menunya simpel dan disukai keluarga, seperti nasi ayam goreng, nasi timbel, nasi liwet, dan ‘bento box’. Benar-benar “nggak pake ribet”, tinggal pesan, datang, dan main!
 
Terlanjur jatuh cinta, saya jadi “kepoin” Instagramnya Halbel (@halbelbdg). Ternyata, mereka juga punya klub aktivitas bernama Kumbo (biasanya untuk event akhir pekan) dan semacam “playschool” bernama Sarerea Edukids. Selain “playdate”, kita juga bisa gelar “gathering”, arisan, bahkan acara ulang tahun di sini. Mupeng maksimal!

Super hepi bisa menemukan tempat keren ini dengan lokasi yang mudah diakses dan strategis. Semoga makin banyak tempat seperti ini dibuat di Bandung dengan kegiatan-kegiatan seru sebagai alternatif kegiatan anak dan keluarga di akhir pekan.
 
Jadi, kapan mau ikutan main di Halaman Belakang?


All photos by Winda Reds