Balada menjadi seorang ibu itu beragam ya Moms, mulai dari ditungguin saat di toilet, nunda makan karena si kecil menangis hingga balada menggunting kuku. Betapa tidak, menggunting kuku si kecil termasuk salah satu kegiatan yang mendebarkan untuk saya. belum juga mulai menggunting kukunya yang mungil, baru mauambil gunting kukunya aja udah takut duluan. Sebelum Nafeesa memasuki usia 5 bulan, totally saya belum berani menggunting kukunya sehingga saya minta bantuan ibu atau kakak perempuan saya untuk membantu menggunting kuku si kecil.



Apakah Moms lain merasakan hal yang sama seperti saya? Saat ini saya sudah memberanikan diri untuk membersihkan dan menggunting kukunya yang sudah panjang. Namun masalahnya tidak berhenti sampai disitu, saat saya sudah siap, eh si kecil yang justru susah dan gak mau diam saat akan digunting kukunya. Well, Moms ini adalah trik yang saya lakukan saat menghadapi si kecil yang menolak untuk dibersihkan kukunya.



MENGGUNAKAN GUNTING KUKU KHUSUS UNTUK BAYI DAN BALITA
Apapun merk nya yang peting gunting kukunya harus yang berukuran mini ya Moms, dan harus tajam untuk menghindari menarik kuku si kecil karena gunting yang tumpul. Kukunya yang masih lunak rentan sobek.

MENGGUNTING KUKU SETELAH ANAK MANDI
Untuk bayi diatas 6 bulan biasanya kukunya sudah mulai keras, berbeda dari usia sebelumnya. Biasanya saya menggunting kuku Nafeesa setelah ia mandi, saat pagi hari atau mandi sore agar kukunya lunak sehingga mudah dibersihkan.

MENGGUNTING KUKU SAAT SI KECIL TIDUR
Menggunting kuku menjadi kegiatan yang menyeramkan ketika si kecil menolak dan berusaha menarik jari-jarinya. Jika sudah dibujuk dengan cara apapun masih gak mempan, daripada jarinya terluka karena dipaksa, lebih baik mamanya yang mengalah. Trik berikutnya, harus nunggu Nafeesa tidur siang, baru beraksi lagi deh…



MENGGUNTING KUKU DI TEMPAT YANG TERANG ATAU SIANG HARI
Nah, ini juga penting Moms. Meskipun malam hari ada lampu atau penerangan yang memadai namun sebaiknya kegiatan menggunting kuku ini dilakukan siang hari ya Moms. Kalo orangtua saya bilang, pamali, padahal sih karena untuk menghindari cidera benda tajam sebetulnya.

MENGHALUSKAN UJUNG KUKU YANG TELAH DIGUNTING
After menggunting kuku, biasanya ujungnya jadi agak tajam ya Moms jadi Moms harus menghaluskan ujung kuku si kecil. Namanya anak-anak tangannya masih kesana kemari, garuk sana sini, tau-tau wajahnya baret. Untuk menghindari hal tersebut terjadi, Moms harus lebih teliti saat membersihkan dan memotong kukunya. Kuku runcing juga cenderung mudah nyangkut pada baju bayi yang berbahan rajut.

Untuk Moms lain yang punya trip dan trik seputar menggunting kuku bayi dan balita, boleh dishare juga ya. Semoga bermanfaat.