Pembukaan 1

Pada persalinan normal, pembukaan 1 adalah saat mulut rahim mengalami pembukaan atau dilatasi 1 cm. Fase ini akan terjadi berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Biasanya ibu merasakan kontraksi ringan kurang dari 1 menit pada fase ini. Selain itu merasakan nyeri dan mulas pada bagian punggung dan pinggang yang masih bisa ditahan. Lendir sudah keluar tapi intensitasnya masih sangat sedikit. 

Pembukaan 2
Mulut rahim membuka 2 cm dan pada fase ini ibu merasakan gejala seperti menstruasi. Perut terasa kram, nyeri, mual dan kembung. Bagian pinggang dan punggung juga terasa nyeri dan tidak sedikit ibu yang mengalami pusing. 

Pembukaan 3
Saat mulut rahim sudah mengalami pembukaan 3 cm, maka ibu akan merasakan kontraksi yang diawali dengan jeda 30 menit hingga 1 jam. Rasa nyeri semakin terasa pada fase ini. 
 

source: http://www.thehealthsite.com

Pembukaan 4

Pada saat pembukaan 4 tanda-tanda bayi akan lahir mulai tampak. Kontraksi makin teratur yang merangsang mulut rahim membuka 4 cm. Beberapa ibu ada yang sudah mengalami pecah ketuban pada fase ini. 

Pembukaan 5
Saat mulut rahim sudah mengalami pembukaan 5 cm, maka posisi janin akan melintang dari pinggul menuju rongga panggul. Hal ini akan menyebabkan calon ibu mengalami rasa nyeri pada bagian pinggang belakang. Agar tetap nyaman, maka Moms perlu tidur miring ke kiri agar pembukaan makin bertambah. 

Pembukaan 6
Kontraksi makin kuat dan pembukaan mulut rahim semakin bertambah menjadi 6 cm. Ibu akan merasakan kontraksi lebih kuat  dan teratur dari sebelumnya, yang terjadi 3 hingga 5 menit sekali. 
 
source: https://www.youtube.com
baca juga

Pembukaan 7

Saat mulut sudah terbuka sebesar 7 cm, maka kontraksi makin intens 2 hingga 3 menit sekali, sehingga ibu akan merasakan kontraksi yang kuat seperti tanpa jeda. Posisi kepala janin juga membentuk 90 derajat, di mana wajahnya menghadap pada rektum. 

Pembukaan 8
Pada pembukaan 8 di mana mulut rahim terbuka sebesar 8 cm, ibu akan merasakan tekanan dahsyat pada bagian punggung hingga ke bagian bokong. Karena tekanan itu, ibu biasanya terdorong untuk mengejan. Lendir yang keluar juga makin banyak karena semakin banyak pembuluh darah yang pecah. Beberapa Moms merasakan kantuk yang luar biasa pada fase ini akibat kurangnya oksigen yang menuju ke otak. 

Pembukaan 9
Mulut rahim sudah membuka 9 cm yang menjadi pertanda si bayi akan segera lahir. Pembukaan 9 adalah masa-masa cukup berat pada proses persalinan karena kontrasi makin kuat, begitu pula dengan rasa sakit yang makin tak tertahankan. Ibu merasakan mulas seperti ingin buang air besar pada tahap ini. 

Pembukaan 10
Saat mulut rahim membuka 10 cm maka itu pertanda pembukaan 10 yang menjadi tanda janin siap dilahirkan. Pada fase ini si calon bayi sudah masuk ke rongga panggul sehingga mendorong ibu untuk mengejan. Dengan proses mengejan yang tepat, maka bayi akan lahir dengan lancar dan tanpa kendala. 
 

source: https://www.verywell.com

Itulah 10 tahap pembukaan pada proses melahirkan normal, Moms. Semoga informasi ini bermanfaat ya!