1. Meregang atau Melebar

Setelah melahirkan, vagina akan meregang atau lebih lebar daripada sebelumnya. Vagina menjadi lebih longgar, lebih lembut dan lebih 'terbuka'. Selain itu terasa seperti memar atau bengkak. Hal ini normal, sehingga Moms tidak perlu merasa cemas. Seiring dengan bertambahnya hari, pembengkakan dan rasa 'terbuka' akan mulai berkurang. Perlu Moms ketahui apabila, vagina tidak akan kembali sepenuhnya ke bentuk sebelum melahirkan. Namun, untuk menjaganya tetap kencang dan elastis maka kamu sangat disarankan untuk melakukan pelvic floor atau senam dasar panggul secara teratur. Selain membuat vagina menjadi kencang, pelvic floor juga mencegah kebocoran urine. 
 
source: http://www.rebelcircus.com


 

2. Kering

Vagina setelah melahirkan akan terasa lebih kering daripada sebelumnya. Penyebabnya karena tingkat estrogen menjadi lebih rendah setelah melahirkan. Apalagi kalau Moms menyusui, maka Miss V akan terasa lebih kering. Vagina yang kering kemungkinan menjadi masalah saat berhubungan intim dengan suami. Oleh karena itu coba minta pengertiannya tentang kondisi normal ini dan gunakan pelumas tiap kali berhubungan intim. Kekeringan pada vagina tak akan lama kok. Begitu Moms berhenti menyusui dan menstruasi kembali, kadar estrogen pun akan meningkat sehingga vagina menjadi lembab lagi.
 

source: http://www.parents.com


 

baca juga

3. Nyeri Di Bagian Perineum

Area vagina akan terasa sakit setelah melahirkan, namun membaik dalam waktu 6 sampai 12 minggu setelah melahirkan. Bagian perineum (dinding di antara vagina dan anus) terasa nyeri terutama jika ada bekas jahitan (episiotomi) karena robekan saat proses melahirkan. Untuk mencegah infeksi pada robekan perineum maka penting untuk menjaga area ini tetap bersih. Selalu cuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut, juga pastikan mandi setiap hari untuk menjaga kebersihan perineum. Apabila merasakan keanehan pada bekas jahitan perineum maka segera periksakan ke dokter ya. 
 

source: http://www.newkidscenter.com


4. Sakit saat Berhubungan Seks
Tak perlu terburu-buru melakukan hubungan seks pasca melahirkan karena vagina membutuhkan waktu untuk menjadi normal kembali. Vagina mungkin terasa sakit dan kering saat berhubungan seks. Ceritakan kondisi ini kepada suami agar ia bisa memahaminya. Ingat, vagina setelah melahirkan masih sangat sensitif, jadi harus kamu rawat dengan baik, ya Moms!