1. Yoga

Yoga merupakan salah satu olahraga hamil terbaik, yang dapat dilakukan sejak kehamilan trimester pertama hingga ketiga. Yoga bermanfaat untuk membangun kekuatan dan keseimbangan, menjaga otot tetap lentur, mengurangi tekanan darah, dan mengajarkan irama pernapasan yang akan membantu saat melahirkan nantinya. Berlatihlah yoga dan jadikan rutinitas selama hamil. Meski baik, namun ada beberapa pose yoga yang perlu dihindari selama hamil seperti backbends, pose yang memelintir perut, posisi dimana kaki Anda berada di atas kepala Anda atau headstands, berbaring telentang dan yoga bikram. 

source: http://www.stylecraze.com


 

2. Pilates

Pilates, olahraga hamil satu ini bermanfaat untuk mengatasi dua masalah yang kerap dihadapi selama hamil, yaitu keseimbangan dan nyeri punggung. Selain itu, gerakan-gerakan lentur dalam pilates akan membuat tubuh semakin kuat untuk menopang berat badan yang semakin berat. Meski pilates adalah olahraga yang disarakan dilakukan pada hamil muda, namun ada beberapa pose pilates yang perlu Moms hindari yaitu berbaring telentang, memutar tubuh, dan pose yang membutuhkan kekuatan otot perut saat melakukannya. 
 

source: http://www.pfiwa.com.au


 

baca juga

3. Berjalan Kaki

Meski terkesan simpel, namun rajin berjalan kaki selama kehamilan dapat memberikan manfaat yang sangat besar lho, Moms. Di awal kehamilan, mulailah berjalan kaki selama 20-30 menit per hari. Dengan berjalan kaki, proses persalinan akan lebih mudah, otot menjadi lebih kuat, dan risiko terjadinya pre-eklamsia berkurang. Tak hanya itu, berjalan kaki selama hamil juga dapat membantu mengurangi keluhan nyeri punggung, kembung, memperlancar aliran darah, membantu sirkulasi udara, dan menghilangkan bad mood.
 

source: http://www.womansday.com


4. Berenang
Jadikanlah olahraga berenang sebagai teman selama kehamilan, Moms! Berenang adalah olahraga yang menyenangkan dan tidak berisiko tinggi. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bumil dengan berenang yaitu membuat mood lebih baik, meningkatkan kualitas tidur, memudahkan persalinan, dan tentunya memberi energi ekstra untuk tubuh. Pastikan Moms tidak sendirian saat berenang ya. Mintalah suami atau keluarga mendampingi saat melakukan olahraga ini.