Olahraga Aerobik Untuk Ibu Hamil


Salah satu olahraga yang dianjurkan untuk para ibu hamil adalah olahraga aerobik. Biasanya, senam hamil pun juga melakukan gerakan-gerakan senam aerobik. Namun, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan olahraga aerobik? Apa yang membedakannya dengan olahraga lain?
 

source: http://www.resolvefitness.com.au/


Olahraga aerobik pada dasarnya adalah olahraga yang melibatkan banyak oksigen dengan melatih pernafasan dan beragam otot-otot utama. Olahraga jenis ini biasanya dilakukan dalam intensitas yang tidak terlalu tinggi.
 


Pilates

Olahraga aerobik pertama yang bisa kamu coba selama hamil adalah pilater. Pilates dapat membuat kamu menjadi lebih rileks saat melahirkan. Hal ini disebabkan karena pilates dilakukan untuk melatih otot sekitar perut sehingga dapat meminimalisir sakit pada bagian perut, punggung hingga memperlancar proses persalinan.
 

source: https://www.womenfitness.net/


 

baca juga


Zumba

Siapa bilang olahraga ibu hamil tidak boleh bergerak aktif? Bergerak aktif dapat membantu ibu dalam memperlancar peredaran darah sehingga dapat menjadi lebih fit dan fresh. Akan tetapi, memang tidak semua gerakan zumba dapat diikuti oleh ibu hamil. Jadi, pastikan kamu menyesuaikan gerakan yang nyaman, ya!
 

source: http://www.barcroft.tv/


 


Kegel

Selanjutnya, kamu juga harus mencoba latihan kegel yang sangat bermanfaat untuk proses persalinan nanti. Dengan melakukan senam kegel kamu akan mendapatkan otot-otot pada dasar panggul menjadi lebih kuat. Latihan ini juga sangat bagus untuk dilakukan karena dapat memproduksi hormon relaksin selama kehamilan. Gunanya adalah untuk melembutkan area sendi dan ligamen sehingga proses persalinan menjadi lebih mudah.
 

source: https://woman.thenest.com/


 

baca juga


Yoga

Terakhir, kamu juga dapat mencoba latihan yoga untuk memperkuat otot, pernafasan, serta menghilangkan kecemasan saat mendekati hari persalinan. Selain itu, dengan melakukan yoga kamu juga dapat meningkatkan mood dan kondisi fisik sehingga proses melahirkan menjadi lebih lancar. 
 

source: https://www.guardyourhealth.com/