Lotus Birth


Sebenarnya, proses melahirkan dari metode persalinan lotus birth sama dengan proses pada umumnya. Kamu dapat melakukannya dengan cara normal ataupun cesar. Namun, yang membedakan adalah kamu tidak memotong tali pusat yang menghubungkan bayi dengan plasenta. Sebaliknya, kamu akan membiarkannya tetap menempel hingga puput secara alami setelah beberapa hari.
 

source: http://www.mirror.co.uk/


Waktu puputnya tali pusat pada tiap bayi berbeda-beda. Misalnya, yang terjadi pada bayi Andien Aisyah adalah sekitar 3 hari, sedangkan pada bayi Atiqah Hasiholan adalh 4 hari, dan bayi Widi Mulia memerlukan 5 hari untuk tali pusatnya dapat putus. Tapi, kira-kira apa ya yang menyebabkan metode persalinan ini populer di kalangan para artis?
 


Manfaat Lotus Birth

1. Mengurangi Risiko Infeksi

Lotus birth adalah salah satu cara untuk mengurangi risiko terjdinya infeksi akibat pemotongan tali pusat. Selain itu, bayi juga akan merasa lebih nyaman apabila tali pusat puput dengan sendirinya.

2. Memenuhi Asupah Nutrisi, Darah, dan Oksigen

Plasenta yang berisi beragam nutrisi, zat-zat mineral, maupun oksigen bagi bayi dalam kandungan, masih memiliki sisa-sisa nutrisi yang dibutuhkan saat bayi lahir. Karena itu, lotus birth diharapkan dapat menyelesaikan tugas plasenta dengan sempurna tanpa diputus paksa. 

3. Mencegah Serangan Penyakit

Metode ini mampu mengoptimalkan volume darah dalam tubuh bayi sehingga dapat memaksimalkan sistem kekebalan tubuhnya. Dengan begitu, ia dapat lebih imun dalam menghadapi serangan berbagai macam penyakit di masa depan.

 

source: https://za.pinterest.com/


 

baca juga


Pentingnya Menunda Waktu Potong Tali Pusat

Para ahli kesehatan yang tergabung dalam Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) memang merekomendasikan untuk memberi jeda waktu sebelum tali pusat dipotong. Jeda waktu yang dimaksud adalah sekitar 1-3 menit sesaat setelah bayi lahir. 
 

source: https://steemit.com/


Salah satu manfaatnya adalah untuk memberikan pasokan darah tambahan hingga 30% lebih banyak dibandingkan dengan bayi dengan tali pusat yang langsung dipotong. Dengan begitu, bayi yang ini akan memiliki jumlah sel darah merah yang lebih banyak pada awal kelahiran. Tidak hanya itu, ia juga akan memiliki kandungan zat besi yang lebih tinggi sampai usia 6 bulan.
 


Pertimbangkan Risiko

Lotus birth memang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bayi yang lahir. Akan tetapi, jika dilakukan dengan cara yang tidak benar, metode ini dapat menimbulkan beberapa risiko, diantaranya :

  • Rentan Infeksi

Plasenta harus benar-benar dijaga dengan baik. Kamu harus memastikan kondisi plasenta tetap bersih dan steril. Kandungan darah pada plasenta sangat mudah tercemar infeksi dari kuman, bakteri, dan virus. Hal ini tentu akan membahayakan bayi yang masih tersambung dengan plasenta melalui tali pusat. 

  • Bayi Kuning

Bayi kuning atau kelebihan bilirubin dapat terjadi akibat bayi menerima terlalu banyak pasokan darah dari tali pusat. Jika ini terjadi, proses pemulihan akan berlangsung lebih lama dibandingkan dengan bayi kuning yang tidak melalui metode lotus birth.
 

source: https://www.everydayfamily.com/