Lakukan Pola Hidup Sehat Selama Hamil

Hal pertama yang harus kamu terapkan untuk mendapati kondisi fisik yang maksimal adalah dengan melakukan pola hidup sehat setiap harinya. Biasakan untuk makan makanan bergizi serta konsumsi vitamin yang cukup. Kendalikan juga waktu aktivitas dan istirahatmu agar kondisi tubuh tetap dapat selalu fit. Tidak lupa juga untuk menjaga kebugaran dengan melakukan olahraga rutin seperti senam aerobik, kegel ataupun yoga.
 

source: http://prenagen.com/


 


Lakukan Pijat Perineum

Cobalah untuk menerapkan pemijatan untuk jaringan area vagina agar menjadi lebih elastis. Cara ini mampu membuat otot pada dinding perineum menjadi lebih rileks sehingga mampu meregang maksimal tanpa harus robek atau digunting. Lakukan pemijatan ini saat kehamilanmu sudah memasuki usia 34 minggu secara rutin dua kali seminggu. Dengan begitu vagina robek akan terhindari, Moms! 
 

source: https://www.bellybelly.com.au/


 

baca juga

Kenali Posisi Melahirkan Yang Tepat 

Setiap posisi memberikan tekanan yang berbeda pada peregangan otot perineum. Karena itu, kamu perlu mengetahui posisi terbaik agar perineum dapat meregang dengan baik dan tidak membuat vagina robek. Beberapa posisi yang dianjurkan adalah posisi miring, posisi duduk, atau posisi berlutut kedua tangan ke arah depan.
 

source: https://telegrafi.com/


 


Atur Pernapasan

Saat proses persalinan, dokter dan tim medis akan memberikan aba-aba mengenai kapan kamu perlu mengejan. Biasanya, apabila kepala bayi sudah mulai terlihat, maka ibu akan diberikan aba-aba untuk berhenti kemudian mengambil napas pendek. Cara ini penting untuk memastikan kepala bayi keluar perlahan dengan lembut. Dengan begitu, otot serta kulit perineum akan meregang tanpa robek atau digunting. Cara bernafas ini juga akan diajarkan jika kamu rajin mengikuti senam hamil.
 

source: http://newscdn.newsrep.net/


 

baca juga

Gunakan Pelumas dan Jaga Kondisi Perineum Tetap Hangat

Kamu juga dapat memperlancar proses persalinan, gunakan pelumas berbahan dasar minyak mineral untuk mengurangi pergesekan yang dapat memicu perineum robek. Selain itu, pelumas ini juga dpaat menjaga kondisi dinding ini menjadi tetap hangat sehingga aliran darah meningkatkan. Dengan begitu, otot-otot perineum akan melemas dan lebih mudah untuk meregang. Kamu juga dapat meletakan handuk hangat disekitar perineum untuk menjaga kehangatannya.
 

source: https://www.bellybelly.com.au/