1. Bicarakan Kecemasan dan Ketakutanmu

Jangan memendam sendiri kecemasan yang kamu rasakan, Moms. Melainkan ceritakan kepada suami dan keluarga dekat agar kamu bisa menanggung rasa cemas dan takut itu bersama-sama. Suami, keluarga dan sahabat pasti akan memberikan dukungan dan menenangkanmu. Penting juga untuk berbicara kepada dokter mengenai perasaan yang kamu rasakan. Para dokter kandungan sudah menangani pasien caesar sehingga pasti akan memberikan solusi yang terbaik untuk Moms.
 

source: http://money.cnn.com


 

2. Jangan Lupa Berdoa

Berdoa atau berserah sepenuhnya kepada yang Maha Kuasa akan membuat perasaan ibu lebih tenang. Berdoalah untuk meminta kelancaran operasi. Jangan lupa mengajak serta suami dan keluarga untuk berdoa bersama-sama ya, Moms! 


3. Percayakan Pada Ahlinya
Menjelang operasi caesar, tak menutup kemungkinan Moms akan bertanya-tanya apakah operasi caesar yang akan dijalani berhasil dan bayi lahir dengan selamat? Pertanyaan seperti ini wajar, Moms tapi tak perlu diikuti dengan kecemasan berlebihan. Operasi caesar yang Moms jalani akan dilakukan oleh dokter kandungan yang ahli dan sudah memiliki pengalaman menangani operasi caesar, jadi apalagi yang Moms perlu takutkan? 
So, jauh-jauh hari carilah rekomendasi dokter kandungan yang terbaik juga rumah sakit yang terpercaya agar meminimalkan rasa cemas dan takutmu. Peralatan operasi juga semakin canggih di masa sekarang, jadi tak perlu cemas berlebihan ya, Moms!
 

source: http://www.parents.com


 

baca juga

4. Menerima Kenyataan

Operasi caesar hanya dilakukan apabila ada komplikasi yang ditemukan terkait dengan kandungan dan bayi di dalam rahim. Jika Moms terpaksa melahirkan lewat operasi caesar karena mengalami komplikasi, misalnya preeklampsia, maka berusahalah untuk menerima kenyataan dan menyiapkan diri untuk menghadapi operasi. Ini semua Moms lakukan demi kebaikan diri sendiri dan bayi dalam kandungan. 
 

source: https://www.healthline.com


5. Hindari Pikiran Negatif
Ketakutan umum seperti bayi tidak selamat, kehilangan nyawa di sela-sela operasi caesar, pemulihan yang lama sering sekali menjadi beban pikiran ibu. Meski memang ada risiko seperti itu, tapi berusahalah untuk tidak fokus pada pikiran-pikiran negatif seperti itu, Moms. Ada baiknya Moms memenuhi pikiran dengan hal-hal positif seperti kelancaran operasi dan si kecil lahir dengan selamat.