1. Tengkurap

Usia bayi yang mulai merangkak tentunya sangat berbeda-beda tergantung dengan perkembangan dan kondisi fisik masing-masing anak. Namun umumnya, bayi mulai belajar merangkak pada usia 7-10 bulan. Nah, tahapan awal bayi mulai belajar merangkak adalah Si kecil mulai bisa tengkurap sambil mengangkat kepala. Bayi mulai tengkurap diawali dengan kemampuan memiringkan badannya ke kanan dan ke kiri, lalu ia belajar berguling. Saat usianya menjelang 3-4 bulan, disinilah otot lehernya semakin kuat dan ia dapat berbaring telentang dengan mengangkat kepala lurus ke depan. 

Begini Lho Moms Tahapan Bayi Merangkak Hingga Mulai Berjalan
source: https://www.sitarambhartia.org
2. Belajar Duduk

Ketika menginjak usia 4-7 bulan bayi sudah cukup kuat untuk duduk sendiri tanpa bantuan. Dimulai dari usia 4 bulan, kepala dan otot-otot leher Si kecil akan menguat dengan cepat, dan ia akan belajar mengangkat dan menegakkan kepalanya saat ia sedang tengkurap. Nah, Saat usia Si kecil menginjak 5 bulan ia akan dapat  duduk tanpa bantuan, namun moms harus tetap mengawasinya atau meletakkan bantal di bagian belakang badannya untuk mencegah ia terjatuh ke belakang. 
Begini Lho Moms Tahapan Bayi Merangkak Hingga Mulai Berjalan
source: http://activebabiessmartkids.com.au
baca juga

3. Merangkak 

Di usia 7-8 bulan ini adalah momen bayi mulai aktif belajar merangkak dan mencoba mengambil apa saja yang ada dihadapannya. Cara Si kecil merangkak adalah ketika ia akan belajar melatih keseimbangan melalui tangan dan lututnya, kemudian belajar maju mundur mendorong tubuhnya dengan mendorong lututnya. Moms juga harus rajin melatih agar Si kecil semakin aktif merangkak, misalnya dengan cara meletakkan mainan yang ia sukai di ujung ruangan, kemudian lihatlah, si kecil akan berusaha dengan sekuat tenaga untuk merangkak ke arah mainan tersebut. 

Begini Lho Moms Tahapan Bayi Merangkak Hingga Mulai Berjalan
source: http://parents.com

4. Belajar Berjalan 

Di usia 8-9 bulan ia mulai bisa mengangkat tubuhnya ke posisi berdiri dan akan menumpukkan kedua tangannya pada meja atau kursi yang bisa menahan bobot tubuhnya. Kemudian ia akan belajar merambat, menggeserkan kedua tangannya ke samping diikuti oleh langkah kedua kakinya. Ketika Si kecil sudah memiliki kemampuan untuk berdiri meskipun masih menggunakan sandaran atau pegangan, maka rasa ingin tahu ia akan semakin bertambah sehingga dia suka bereksplorasi. Nah, di sini Si kecil akan mulai melangkahkan kakinya untuk mulai menjelajahi ruangan dengan berpegangan atau biasa yang kita sebut merambat. 

Begini Lho Moms Tahapan Bayi Merangkak Hingga Mulai Berjalan
source: https://elwatannews.com