1. Terima Pendampingan dari Keluarga dan Sahabat

Persalinan adalah proses yang membutuhkan banyak persiapan. Segala persiapan itu akan sulit Moms tangani sendirian apalagi sedang dalam kondisi hamil besar. Oleh karenanya jangan sungkan apabila ada keluarga dekat atau sahabat yang menawarkan bantuan. Atau Moms bisa langsung meminta bantuan langsung kepada orangtua ataupun kakak dan adik untuk membantu membawa ke rumah sakit, mengurus administrasi dan sebagainya. Di sinilah Moms akan merasakan bahwa kehadiran anggota keluarga sangatlah penting. 
 

1. Terima Pendampingan dari Keluarga dan Sahabat
source: https://www.babble.com/wp-content/uploads/2016/09/newborn-1200.jpg


 

2. Tetap Sabar dan Kuat

Yah, tak bisa dipungkiri kalau melahirkan tanpa kehadiran suami akan membuat hati merasa sedih dan kesepian karena harus menanggung proses kelahiran sendirian. Tapi, terimalah kenyataan Moms bahwa keadaan sekarang memang seperti itu. Jangan berlarut-larut dalam kesedihan karena hanya memengaruhi mental Moms dalam menghadapi persalinan. Tetap tabah dan kuat adalah salah satu solusinya. Alangkah beruntungnya jika ada anggota keluarga yang lain yang membantu Moms selama proses melahirkan.
 

2. Tetap Sabar dan Kuat
source: https://www.fitpregnancy.com


 

baca juga

3. Yakinlah Kalau Moms Pasti Bisa!

Selama ini Moms pasti sudah melewati banyak problem dan bisa survive hingga sekarang. Yakinkan dirimu kalau Moms juga bisa melewati proses persalinan tanpa orang tercinta di sisi. Fokuslah pada kondisi yang kamu hadapi yaitu akan melahirkan seorang bayi. Apabila Moms memiliki energi positif maka akan memengaruhi persalinan menjadi lebih lancar. Sebaiknya Moms lebih fokus memikirkan agar si bayi dapat lahir dengan sehat dan selamat.
 

3. Yakinlah Kalau Moms Pasti Bisa!
source: https://www.livestrong.com


 

4. Manfaatkan Teknologi

Moms bukan satu-satunya yang mengalami kondisi di mana suami tak bisa menemani saat melahirkan karena sedang berada di luar kota. Ada banyak ibu yang punya pengalaman seperti ini. Meski suami tidak hadir secara fisik, tapi Moms masih bisa mendapat dukungan dengan memanfaatkan teknologi. Untungnya zaman sekarang teknologi semakin canggih sehingga komunikasi tidak hanya lewat audio tapi visual juga. Dapatkanlah support suami selama proses melahirkan lewat video call, dengan catatan diberikan ijin oleh rumah sakit di mana Moms melahirkan. 
4. Manfaatkan Teknologi
source: http://www.parents.com


Good luck!