Lahir sampai Usia 2 Bulan

Di usia ini umumnya bayi memiliki refleks melangkah atau step reflex. Jika dipegang dalam posisi berdiri di permukaan yang keras seperti lantai atau kasur, maka bayi akan menggerakkan kakinya seolah-olah sedang berjalan. Refleks akan menghilang saat usia bayi sekitar 2 bulan.


Usia 3-4 Bulan
Mampu melakukan gerakan seperti mini-pushups, di mana bayi berbaring telungkup, mengangkat kepala dan dadanya dengan menggunakan lengannya sebagai penopang. Mini-pushups bermanfaat untuk membangun otot-otot tubuh bagian atas yang berperan penting untuk berjalan.
 

source: http://www.irishsun.com


 

Usia 5 Bulan

Saat dipegang dengan posisi berdiri, bayi akan bergerak-gerak ke atas dan ke bawah. Gerakan ini bermanfaat membantu membangun kekuatan kaki. Selain itu, bayi mulai menggunakan kedua lengannya untuk membantunya duduk. 


Usia 6-9 Bulan
Bayi mulai belajar duduk. Duduk tanpa dukungan membutuhkan kekuatan leher, kontrol kepala, keseimbangan, dan koordinasi yang semuanya merupakan keterampilan penting yang diperlukan untuk bayi jalan. Sebagian besar bayi juga belajar menjelajah antara usia 7 dan 10 bulan, meski ada yang melewatkannya sama sekali dan langsung mulai berjalan.
Setelah melewati tahap ini, bayi akan mulai ke step selanjutnya yaitu belajar berdiri dengan berpegangan pada sesuatu yang ada di sekitarnya.
 

source: https://beyondbasicplay.com


 

baca juga

Usia 9-12 Bulan

Bayi akan memanfaatkan benda-bendar sekitarnya seperti sofa ataupun meja, dengan meraihnya untuk bisa berdiri lalu melangkahkan kaki kecil secara perlahan. Di usia ini beberapa bayi sudah bisa berdiri tanpa dibantu selama beberapa detik. Lalu selanjutnya mungkin bisa berjalan sambil tangannya dipegangi. Nah, tahap inilah di mana bayi memulai langkah pertamanya. 


Usia 12-15 Bulan
Bayi mulai berani melangkahkan kakinya sendiri, meski kelihatan seperti akan oleng. Untuk menjaga langkahnya tetap seimbang, maka bayi akan merentangkan tangan. Sesekali ia akan membungkuk, lalu berdiri lagi dan meneruskan langkah kakinya. 
 
source: http://www.newkidscenter.com


Usia 16-18 Bulan
Dengan bantuan, si kecil bisa berjalan naik dan turun tangga. Dia bahkan mungkin bisa berjalan mundur dan menari-nari dengan iriangan musik. 

Usia 19-24 Bulan
Saat ulang tahunnya yang ke-2, si kecil sudah memiliki kemampuan langkah yang luar biasa, bisa menendang bola, berjinjit, membawa sesuatu di tangannya sambil berjalan, dan melompat dari tempat yang agak tinggi ke lantai. 

Nah, itulah tahapan bayi jalan, Moms! Rajin-rajinlah melatihnya agar dapat mencapai kemampuan ini di usia yang sesuai ya. Semangat!