Kenali Masing-masing Pribadi Anak

Sebagai orang tua dengan banyak anak, tips mengasuh banyak anak yang pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami karakter masing-masing anakmu karena setiap anak itu unik dan berbeda satu sama lain. Ketika kamu sudah memahami karakter masing-masing, kamu akan mengetahui dirinya semkain mendalam, seperti apa yang ia sukai, bagaimana sikap dia, tingkat intelegensinya, kelemahan, kekurangan, serta respon dia terhadap suatu hal. Tips mengasuh banyak anak elanjutnya, kamu harus memperlakukan dan mengasuh dia sesuai dengan karakter tersebut dan jika ia memiliki karakter yang kurang baik, maka tugasmu adalah membimbingnya agar dapat tetap menjadi pribadi yang baik.

Misalnya, salah satu anakmu memiliki sifat yang sangat jahil tetapi sulit mendengar nasihat orang lain, maka sebaiknya kamu tidak langsung mengkonfrontasinya dengan memaksanya untuk tidak jahil lagi. Cukup jahili dia seperti dia menjahili orang lain kemudian tanyakan  apakah ia terganggu dengan sikap itu, dan jika ia merasa terganggu, katakan padanya untuk berhentilah melakukan hal itu, karena orang lain juga merasa terganggu seperti dirinya. Anakmu itu pasti akan lebih mendengarkan nasihatmu jika kamu melakukan cara ini. So, treat your children base on their own characters, dear!

source: http://kid101.com/6-times-when-mom-was-right/



Bersikap Adil

Dengan memiliki banyak anak berarti kamu harus mampu dan siap untuk bersikap adil pada mereka semua. Meskipun ada anak yang lebih menurut, lebih nakal, lebih cerdas, lebih malas, dan lain sebagainya, sebagai orang tua yang baik, kamu harus mengasuh mereka dengan jumlah kasih sayang yang ama dan selalu bersikap adil. Jika mereka berkelahi, maka jangan langsung menarik asumsimu menjadi kesimpulan, tanyakan pada kedua belah pihak, kalau perlu pada orang lain yang menjadi saksi. Setelah tahu siapa yang salah, maka jangan langsung memarahinya, tetapi nasehati anak-anakmu dan minta mereka untuk saling minta maaf dan memaafkan. Dengan cara ini, tidak akan anak yang merasa bahwa saudaranya diperlakukan lebih istimewa.

Selain itu, ketika memasakkan makanan untuk anak-anakmu, terapkanlah sistem bergantian, jadi hari ini memasak makanan kesukaan A, besok kesukaan B, dan begitu seterusnya. Tetapi perlu diingat ya Beuatynesian, adil bukan berarti sama rata, karena kebutuhan pribadi setiap anak berbeda. Misalnya, kamu mempunyai anak berusia 10 dan 4 tahun, maka porsi makan mereka tidak bisa disamakan, karena harus disesuaikan dengan kapasitas perut masing-masing. Oh iya, kamu juga perlu memberikan penjelasan kepada anak-anakmu mengenai perbedaan adil dan sama rata agar mereka tidak iri satu dengan yang lainnya. 

source: http://www.yummymummyclub.ca/blogs/andrea-nair-connect-four-parenting/20141208/thats-not-fair-how-to-grow-fairness-awareness
baca juga



Lakukan Kegiatan yang Sesuai dengan Usia dan Preferensinya

Ketika mengajak anak-anakmu untuk melakukan seuatu kegiatan, kamu harus menyesuaikannya dengan usia dan preferensi si anak. Misalnya, dengan bermain boneka bersama anak perempuanmu yang feminin, membacakan cerita kepada anakmu yang berusia 2 tahun, atau bermain mobil remote control dengan anak laki-lakimu yang berusia 7 tahun.

source: http://www.multilingualliving.com/2011/07/25/biliteracy-teaching-bilingual-children-read-write-alphabet/



Lakukan Kegiatan Bersama

Selain melakukan kegiatan yang disukai oleh masing-masing anak, kamu bisa mengajak anak-anakmu melakukan kegiatan yang sama-sama mereka sukai. Kegiatan ini bisa kamu lakukan di dalam rumah seperti mengajak anak-anak melakukan kerja bakti membersihkan rumah atau membuat kue bersama. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan di luar rumah, seperti mengajak anak-anak untuk bermain di taman, bermain sepak bola, berenang, menonton film bioskop keluarga, bermain di pantai, piknik, bermain di waterpark, atau menghabiskan waktu di taman rekreasi. Those activities are so fun and kids love doing that!

source: https://celebrationoccasion.com/2016/05/12/to-my-son-on-his-wedding-day/

Good luck Beautynesian!