Amandel Pada Anak


Radang amandel merupakan sebuah penyakit akibat infeksi yang menyerang bagian amandel atau tonsil. Amandel atau tonsil adalah sepasang kelenjar berukuran kencil yang terletak di dalam area tenggorokan. Kelenjar ini memiliki fungsi sebagai alat imunitas atau kekebalan tubuh anak. Seiring bertambahnya usia, sistem kekebalan tubuh akan semakin berkembang sehingga fungsi amandel atau tonsil akan semakin berkurang dalam menangkal infkesi dan virus atau bakteri.
 

Amandel Pada Anak
source: https://www.linkedin.com/


Namun, seringkali infeksi virus dan bakteri yang langsung dan tertubi-tubi pada area mulut anak menyebabkan amandel meradang dan membengkak. Inilah kondisi dimana seorang anak mengalami radang amandel.
 

Pengobatan Amandel


Biasanya, peradangan amandel bukanlah sebuah kondisi yang darurat. Sebagian pesar penderita radang amandel akan sembuh dalam waktu satu minggu. Dokter juga tidak akan memberikan obat khusus untuk amandel. Obat yang akan diberikan adalah obat untuk meringankan gejala seperti ibuprofen dan parasetamol yang dapat meredakan rasa sakit dan nyeri.
 

Pengobatan Amandel
source: http://www.tenggorokan.com/


Selain itu, peradangan amandel juga dapat diredakan dengan istirahat yang cukup serta minum banyak cairan. Akan tetapi, apabila sudah cukup parah dan terus menerus kambuh, dokter terpaksa akan menawarkan tindakan operasi pengangkatan amandel.

 

baca juga

Kapan Harus Melakukan Tindakan Operasi


Sebagai orang tua, kamu pasti akan sangat bimbang dengan saran dokter untuk melakukan tindakan pengangkatan amandel pada anak mengingat usia anak yang masih sangat kecil. Apalagi jika kamu mendapatkan beberapa saran dari dokter-dokter yang kamu konsultasikan. Beberapa dokter anak biasanya akan menyarankan untuk menunda pengangkatan amandel, sedangkan dokter spesial THT akan menganjurkan segera lakukan tindakan. Tentunya keduanya memiliki alasan medis yang mereka pahami. Namun, sebagai orang tua, tidak ada salahnya untuk kamu memahami pertimbangan untuk mengambil keputusan yang tepat.
 

Kapan Harus Melakukan Tindakan Operasi
source: http://www.kinisehat.com/


Mengacu padaThe American Academy of Otolaryngology–Head and Neck Surgery (AAO-HNS), operasi amandel akan perlu dilakukan apabila sudah memenuhi syarat-syarat berikut:

Indikasi Absolut :

  1. Amandel sudah sangat membengkak hingga mengakibatkan anak menjadi sulit bernafas, merasa nyeri saat menelan makanan, mengalami gangguan tidur hingga terjadinya komplikasi penyakit kardiopulmonal.
  2. Amandel yang terus kambuh dan muncul lagi setelah diobati. Hal ini dapat menimbulkan gangguan dalam pertumbuhan wajah hingga gangguan mulut.
  3. Amandel yang sudah mengakibatkan gejala kejang demam.
  4. Radang amandel yang diindikasi memerlukan proses biopsi jaringan untuk mengetahui detail patologis jaringan.

Indikasi Relatif :

  1. Munculnya bau mulut akibat radang amandel yang semakin parah setelah pengobatan.
  2. Kambuhnya amandel yang diprediksi sebagai carrier kuman Streptokokus yang tidak memberikan repon positif setelah dilakukan pengobatan menggunakan antibiotika.
  3. Pembengkakan amandel pada salah satu sisi yang diduga berkaitan dengan gejala keganasan (neoplastik).