1. Menghindari Makanan Dengan Kandungan Lemak Trans

Lemak trans sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyumbat aliran pembuluh darah sehingga mengganggu berfungsinya organ reproduksi. Pastikan kamu menghindari makanan yang digoreng, cepat saji, serta camilan dengan bahan pengawet.
 

source: https://lifestyle.okezone.com/


 


2. Utamakan Konsumsi Makanan Dengan Kandungan Lemak Tidak Jenuh

Lemak tak jenuh memiliki manfaat untuk meningkatkan sensitivitas tubuh pada insulin dan mengatasi terjadinya proses peradangan dalam tubuh. Mengonsumsi banyak makanan seprti seperti kacang-kacangan serta lemak ikan dengan kandungan omega-3, seperti salmon dan sarden.
 

source: http://ahlikolesterol.com/


 

baca juga


3. Banyak Konsumsi Protein Nabati

Untuk meningkatkan kesuburan, kamu dapat mengoptimalkan asupan protein nabati dibandingkan dengan hewani. Dengan kata lain, perbanyak asupan kacang merah, kacang tanah, kacang kedelai, tahu, tempe, dibandingkan dengan asupan daging-dagingan.
 

source: http://bibitbunga.com/


 


4. Konsumsi Suplemen Asam Folat

Salah satu nutrisi penting yang dapat meningkatkan kesuburan kamu adalah asam folat. Untuk dapat mengoptimalkan peluang hamil, cobalah untuk memperbanyak asupan asam folat dengan mengonsumsi suplemen atau makanan dengan kandungan asam folat tinggi, seperti, sayuran berdaun hijau.
 

source: https://hellosehat.com/


 

baca juga


5. Pastikan Asupan Cairan Tubuh Terpenuhi

Jangan acuhkan kondisi cairan dalam tubuh jika kamu ingin mempercepat serta meningkatkan kesuburan. Untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan baik adalah dengan banyak meminum air mineral. Jauhi soda serta berbagai minuman dengan kandungan gula yang tinggi karena dapat menurunkan 
 

source: https://hellosehat.com/


Nah, itulah beberapa tips untuk mengatur pola makan dan diet kesuburan agar kamu dapat mengoptimalkan potensi hamil. Pastikan juga kamu mengimbanginya dengan menjaga pola hidup sehat dengan rajin berolahraga dan menghindari rokok dan alkohol. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!