Kali ini mamaAcen mau sharing sedikit mengenai pengalaman perjalanan darat ke Jogja di bulan oktober lalu.

ya ya ya liat dari judulnya aja pasti udah kebayang dong gimana rempongnya hahahaha rasanya tuh pingin dibawa sama lemari-lemarinya :D

oktober kemarin kami dan keluarga besar berkesempatan untuk mudik menggunakan jalur darat. karena banyaknya yang bawa anak akhirnya kita putusin untuk sewa bis yang lumayan nyaman jadi semua bisa istirahat dengan tenang.


karena bisnya cukup luas jadi saya ngga merasa terbebani untuk memilih mana benda yang prioritas untuk dibawa.

untuk kami bertiga, saya sengaja menyatukan bawaan baju di dalam 1 koper besar yang dimasukkan ke dalam bagasi bus. juga ada stroller dan tas baby carrier yang ikut di bagasi. didalam cabin (caelah macem flight ae) saya membawa 1 tas ransel yang isinya perlengkapan sehari-hari arsen seperti baju ganti, pampers, dan sabun mandi kecil. tak lupa 2 tas lainnya yang berisikan 1 tas obat-obatan dan susu, 1 tas cemilan (bocahnya doyan ngemil huhu)

Sempet sih agak galau karena arsen cenderung susah makan nasi. Kepikiran banget nanti disana makannya gimana dong ???

Akhirnya kami mensiasati dengan memberikan cereal + susu, juga roti isi keju (ini favorito arsen bangettt)

Kami pergi selama 4 hari 3 malam. Mama dan papa acen sudah set baju pas-pasan buat 4hari, dan bawa baju tidur hanya 2 pasang. Pokoknya kalo kurang ya beli ajalah disana. 

Selebihnya cuman bawaan bajunya arsen 😂 karena kalau mama papa pakai baju baru yang belum di cuci sih ngga masalah, lah kalo arsen, like big no no! 

Akhirnya bawaan arsen jadi hmm lumayan banyak sih. Ini adalah list printilan yang kami bawa pada perjalanan tersebut :

Stroller cocolatte pockit - kita bawa stroller yang kecil ini karena arsen kebetulan lagi seneng jalan dan udah jarang banget yang namanya di stroller, jadi bawa cuma kalo dia lagi bosen jalan atau bobo di jalan aja

Ergobaby carrier - kebetulan ini juga dibawa just in case anaknya minta gendong. tapi pada kenyataannya SAMA SEKALI GAK KEPAKE TSAAAAYY 😂😂

Topi dan kacamata - saya mikirnya pasti disana akan pergi ke candi-candi, pergi siang hari dan bakalan kena panas. Karena arsen rambutnya cuman selusin aka tipis wkwkw akhirnya kami bawa topi juga kacamata supaya bisa sama kayak mama dan papa. 

Baju pergi - well.. bawaan ini cukup banyak ya sis hehehe di koper ada, di tas ransel juga ada. Whaaaayyy ? Karena arsen gak suka pake bibs, jadi kebayang lah kalo minum es, makan cemal cemil, ileran semua tumpeh ke baju dan harus cepet diganti. Untuk 1 hari, mama siapin stock 4 pcs baju, jadi bawa sekitar 16 baju pergi which means hanya atasan berupa kaos atau kemeja. Ini di mix ada yang lengan panjang dan lengan pendek. Lengan panjang hanya sekitar 3-4 pcs karna dikhususkan untuk malem hari aja.

Celana pergi - ini juga cukup banyak tapi mama berfikir bahwa, yaudahlah sis kan celana bisa sehari 1 hehehe akhirnya mama bawa sekitar 8 pcs, jadi asumsi sehari 2 celana yaa. Dengan 4 celana panjang dan 4 celana pendek.

Baju tidur - ini mama bawa agak banyak juga, dan semua lengan panjang plus celana panjang. Karena just in case kita mau keliling malioboro malem-malem ya tinggal angkut aja bocahnya hahahah mama bawa sekitar 6 pcs baju dan celana lengan panjang.

Diapers - nah ini sempet bikin galauuuuu, pinginnya langsung bawa satu bag yang isi 30 lah ya tapi impossible wkwkw akhirnya mama bawa sekitar 20pcs, asumsi sehari akan menggunakan 5pcs. Ini didalam koper yaa, yang di ransel adalagi 5 pcs stocknya, jadi tiap hari di refill deh.

Peralatan mandi - ini wajib yaa, kan gak mungkin kita sharing sama toddler atau mereka pakai yang di hotel. Aku selalu bawain sabun 2in1, minyak telon, minyak rambut, diapers cream, baby lotion, tisu basah, tisu kering, dan juga handuknya.

Obat-obatan dan p3k - kebetulan waktu lagi kesana arsen dalam keadaan sakit batuk dan pilek jadi mau ngga mau bawanya agak banyak. Saya bawain obat panas, obat batuk dari dokter, obat pilek dari dokter, vitamin, termometer, byebyefever, pipet untuk takarinnya dan juga sendok. Semua saya jadikan satu di tas yang dibawa dalam kabin.

Makanan dan cemilan - arsen itu kalo makan selalu pakai keju karena dia doyan banget dan suka di cemilin juga (seriously) jadi saya selalu bawa keju dan parutan kecil, beberapa snack toddler rasa buah dan keju, roti rasa keju, pringles rasa keju, ritz, oreo, goodtime, dan beberapa cemilan lainnya yang bikin arsen ngga rewel di jalan. Dijadikan 1 tas dan semua ada di kabin.

Obat-obatan dan juga peralatan seperti diapers dan sabun itu penting banget untjk berada selalu dekat dengan kita. Karena just in case ada sesuatu di jalan bisa langsung cepat tanggap. Kalau sekiranya poop di jalan bisa langsung ganti deh. Seperti kemarin ada sepupu arsen yang tiba-tiba sakit panas saat dijalan pulang dan obat-obatannya diletakkan di bagasi bus. Untungnya arsen selalu nempel tas obat jadilah menggunakan obat panas arsen dulu. 


Sekian yaa ibu-ibu, apabila ada rencana mau road trip semoga membantu hehee.. alhamdulillahnya kami sewa bis, kalau bawa mobil udah gaktau lagi gimana pegelnya mamak pangkuin arsen sepanjang jalan karena dia gak betahan duduk di car seat 😂😂😂