Hai, Moms berdasarkan Panduan Metode MPASI WHO, sejak usia delapan bulan bayi biasanya sudah mulai siap makan dengan tangannya sendiri. Moms dapat memberikan si kecil Menu Finger Food untuk melatihnya agar dapat makan sendiri sekaligus melatih tumbuh kembangnya dalam hal keterampilan motorik halus, koordinasi gerak tangan dan mulut, menggigit, dan mengunyah makanan.

Finger Food sendiri adalah makanan yang mudah dipegang oleh tangan si kecil secara mandiri, selain mudah dipegang juga mudah dimakan, digigit, dan dikunyah oleh bayi. Jika moms ingin memberikan Menu Finger Food untuk si kecil, moms tetap harus memperhatikan kandungan gizi dan nutrisinya ya serta jangan lupa disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak.

Berbagai makanan dapat dijadikan Menu Finger Food si kecil, seperti sayuran, buah, pasta, sereal, roti panggang, kentang, telur, keju, biskuit, dan lainnya.

blog.kecipir.com/wp-content/uploads/2017/01/baby-finger-food.png

Untuk si kecil yang usianya di atas satu tahun, hindari Menu Finger Food yang mengandung banyak gula dan garam agar tetap terjaga kesehatannya. Supaya lebih sehat, sebaiknya moms membuat Menu Finger Food sendiri di rumah karena komposisi dan kualitas bahan makanannya dapat diketahui sesuai keinginan moms dan kebutuhan anak.

Awasi si kecil dari tersedak saat memakan Menu Finger Food, hindari memberikan Menu Finger Food dengan potongan terlalu besar dan teksturnya yang masih keras/belum matang sempurna/belum lunak atau lembek, seperti kacang-kacangan, biji-bijian, daging, dan sebagainya.

www.solusisehatku.com/wp-content/uploads/2015/09/finger-food-bayi-730x430.png

Berikut adalah salah satu Menu Finger Food yang saya buat sendiri untuk Aruna di rumah, dapat juga dibawa sebagai bekal cemilan saat bepergian. Menu ini saya buat dari roti tawar sebagai bahan utamanya. Check this out, Moms !

-GARLIC BREAD-
 
Bahan-Bahan :
2 Lembar Roti Tawar Kupas
Secukupnya Unsalted Butter
Secukupnya Garlic Powder
Secukupnya Daun Parsley

Cara Membuat :
1. Potong-potong roti tawar kupas sesuai ukuran tangan si kecil agar mudah digenggam.
2. Campurkan unsalted butter, garlic powder, dan daun parsley.
3. Oleskan campuran tersebut ke seluruh bagian roti tawar kupas yang sudah dipotong-potong tadi.
4. Panggang di atas pan/teflon, sebentar saja agar tidak gosong. Jangan lupa dibolak-balik sampai warnanya kuning kecoklatan.
5. Garlic Bread siap dihidangkan dan dinikmati si kecil.

Nah, itu tadi salah satu cara membuat Menu Finger Food untuk si kecil, Moms ! Mudah dan praktis kan ? Saya jadikan menu tersebut untuk cemilan Aruna dan memang sebaiknya Menu Finger Food ini untuk menu selingan saja namun jika moms ingin membuat Menu Finger Food sebagai menu utama, moms dapat variasikan bahan-bahannya berdasarkan dengan Menu 4 Bintang yang dapat dijadikan nugget, perkedel, bola-bola ubi, dan lainnya.

https://www.bebekidsworld.com/image/data/blogs/cara-buat-nugget-ayam-keju-sebagai-finger-food-camilan-untuk-balita-usia-1-5-tahun.jpg

Moms, momen si kecil makan sendiri dengan tangannya bisa jadi momen yang menyenangkan dan meningkatkan rasa keingintahuan si kecil untuk meraih makanan yang ada di piringnya. Ajarkan si kecil makan sendiri dengan perlahan-lahan dan teratur tanpa paksaan. Semoga si kecil selalu sehat, aktif, dan ceria ya, Moms !

Sampai bertemu di Nitta Story selanjutnya ya, Moms ! Selamat berkreasi membuat Menu Finger Food di rumah. Jangan lupa share hasilnya ya, pasti si kecil suka !

Trims,
Nitta Yunitasari