Hemmmmm.... Nongol Lagi 
stelah banyak yang dipikirin, mau nulis apa ya. Banyak beberapa judul yang pengen dikembangin. Akhirnya bahas masah GTM...

setuju gak sih moms "GALAU AKUT" itu disaat anak mulai GTM 😟. Berasa patah hati disaat kita mulai Rajin masak, dibela2in bangun pagi (yakin tiap hari bangun pagi ) 😂 sebelum anak bangun, kita udah masakin makanan spesial, campur ini itu biar Gizinya seimbang & terpenuhi. Berharap pas anak bangun dia lahap makanya. (Berhayal sambil masak yekan, pasti suka ni sma masakan mamak) 😎

alhamdulillah Raffa (14m), gak termasuk anak yang sering GTM, malah tergolong anak yang doyan makan banget. Pokoknya apa yang mamak masak pasti cocok lah sama lidah Raffa, makanya gak heran kalau banyak yang bilang, nyuapin Raffa tuh enak banget, gak banyak Drama
apapun Masuk lah, selagi perut masih nampung 😆. Selama Raffa mulai MPASI dari macam2 sayuran selalu OK belum ada penolakan, ikan OK, buah-buahan tergolong sedikit OK, cuma satu buah yang gak bisa terima sampai saat ini.
dia gak suka sama buah pepaya ??? Why ?? I dont now ?? 👐 
kalau dikasih pepaya selalu muntah, belum pernah ada pengecekan khusus sih tentang itu. Ya saya fikir hanya sebatas gak suka aja. Untuk selebihnya OK 👌

untuk menu yang mama buat untuk Raffa, gak pernah ada penolakan. Makanya mama Rajin banget masak untuk Raffa 😝 (tapi masakin papanya males gile) wkwkwkw.

oia Raffa punya temen komunitas baby-baby yang dimana semua temen2 nya hampir seumuran, dari usia 4-3th. Disana bukan sekedar perkumpulan babynya aja, tapi para mommy nya juga bisa mengenal banyak teman baru, banyak juga pelajaran yang mama dapet dari gabung di komunitas baby. Tentang cara mengasuh anak( tapi balik lagi pola asuh orang tua pastinya berbeda-beda ) ☺, Mpasi, perlengkapan baby , pertolongan pertama saat menangani anak sakit. Kita juga para mommy2 sering curhat masalah GTM pada baby.

jujur pertama denger GTM mamaRaf gak paham. Karena memang belum pernah tau tentang anak GTM, dari mereka juga lah mamaraf banyak belajar. Dan dari semua cerita yang mamaraf denger tentang GTM, sempet mikir dan worry
( aduh anak gw ada fase GTM gak yah)
( kalo sampe ngerasain GTM, harus gmn nih) ( harus dikasih cara apa biar anak mau makan) ?????? Maklum emak-emak yekan, kalau udah ada perubahan dari anaknya pasti khawatir banget.

Raffa termasuk anak yang jarang banget GTM (alhamdulillah) tapi bukan berarti gak pernah GTM. Sekalinya anak yang doyan makan tiba2 GTM, mamak berasa patah hati diputusin pacar 😭.

stress berat kan, bingung mau kasih makan apa?? Jangan2 masakan mama gak enak, jangan2 raffa lagi tumbuh gigi , jangan2 dia males kunyah makanan tekstur kasar. 😟
akhirnya mulai puter otak buat rubah tekstur makanan raffa, di usia raffa 14m.
dia udah bisa makan yg bertekstur nasi utuh, jadi mama jarang masak 2x untuk Raffa.
Tapi disaat Raffa GTM akhirnya mama masak yg bertekstur lembut dan gampang di telen sama Raffa tanpa harus dikunyah.



https://www.instagram.com/p/BYrlq_-jYaQ/

ini salah satu menu favorite raffa. Dia suka banget sama makanan satu ini. Gak pernah nolak untuk disuapin Bursum. 👍
selama Raffa Fase GTM mama gak pernah kasih makanan kasar untuk Raffa.
pasti akan ditolak.



Disaat GTM ​​​​​​ menu kesukaan Raffa :






​​​​



salah satu menu raffa disaat GTM...


untuk resep menu GTM raffa di atas
next postingan berikutnya ya moms. ☺