Mengasuh si kecil yang aktif memang tantangan tersendiri bagi banyak orang tua. Bahkan tidak jarang orang tua merasa kesulitan dan belum menemukan cara yang tepat dalam mengatasi keaktifan si anak. Jika Beautynesian mengalami hal yang sama, kamu wajib mempraktikkan 7 tips mengasuh anak aktif ini dan kamu bisa terbebas dari rasa kesulitanmu itu! Without further do, these are the 7 tips you should do when babysit active kid!

source: https://www.pinterest.com/pin/561472278525722232/


 

Ajak Si Kecil Beraktivitas di Luar Rumah


Anak yang aktif biasanya akan merasa bosan dan mulai bertingkah yang mengganggu jika berada di dalam rumah terlalu lama. Maka dari itu, ajaklah si kecil untuk melakukan aktivitas di luar rumah, seperti berjalan santai ke minimarket dekat rumah, bermain di taman rekreasi atau waterpark, bersepeda mengelilingi kompleks tempat tinggal, dan berbelanja ke pasar atau mall.

source: http://cr.emedemujer.com/wp-content/uploads/sites/7/2016/02/Nin%CC%83os-triciclos-770x512.jpg


 

baca juga

Biarkan Si Kecil Membantu Pekerjaan Rumah Tangga


Kamu mungkin tidak dapat membawa si kecil keluar rumah setiap saat dikarenakan satu dan lain hal. Oleh karena itu, biarkan saja si kecil menyalurkan sikap aktifnya dengan membantu pekerjaan rumah tangga yang tergolong ringan, seperti merapikan ranjang dan kamarnya, membuang sampah, menyiram tanaman, membantu memasak, membersihkan meja makan, menyapu, atau membantu orangtuanya mencuci mobil. Dengan kegiatan ini, kamu tidak hanya membantu si kecil melepaskan stress yang mungkin ia dapatkan karena hanya berdiam diri, tetapi juga bisa mengajari si kecil untuk semakin mandiri.

source: http://www.anakvidoran.com/read/tentang-anak/yuk-ajari-anak-tugas-rumah-tangga


 

Ajak Si Kecil Berolahraga


Kamu bisa membantu si kecil menyalurkan energinya yang berlebih pada aktivitas fisik yang menggerakkan mayoritas otot kaki dan tangan. Kamu bisa mengajaknya berolahraga seperti berenang, berlari, bermain sepak bola, basket, berlatih karate, senam, menari, bermain lompat tali, dan lain sebagainya. Olarraga tidak hanya menjadi sarana penyaluran energi si kecil, tetapi juga memberikan manfaat yang baik bagi kesehatannya.

source: http://1.bp.blogspot.com/-dmlPPBPP2dc/UAZ5AY018LI/AAAAAAAAAXM/_kBY7LKjypM/s1600/olahraga+bersama+keluarga.jpg


 

baca juga

Berikan Si Kecil Pengertian


Kamu perlu memberikan pengertian kepada si kecil bahwa menjadi aktif bukanlah hal yang buruk, tetapi ia tetap harus memperhatikan kapasitas tubuhnya dan tubuhnya juga membutuhkan istirahat jika tidak ingin sakit. Kamu bisa mengajak si kecil berbicara dengan nada suara yang santai sambil sesekali mengelus kepalanya, mengecup pipinya, menggenggam tangannya, atau memegang pundaknya, untuk menunjukkan bahwa kamu tidak sedang marah kepadanya. Jangan lupa menyelipkan senyum manis ya, Beautynesian!

source: https://www.akronchildrens.org/cms/sharing_blog/3d21d745b0419f6c/index.html


 

Cari dan Pahami Kegiatan yang Bisa Membuatnya Diam Sejenak


Selain mengajak si kecil melakukan kegiatan yang membuatnya bergerak, kamu juga bisa mencari beberapa kegiatan yang dapat menarik perhatiannya sehingga ia bisa berdiri atau duduk diam sejenak sambil melakukan kegiatan itu, seperti karaoke di rumah, bermain alat music, bermain puzzle, bermain board games, menonton film, menggambar dan mewarnai, bermain plastisin, bermain boneka, dan membaca buku cerita atau buku ilmu pengetahuan.

Untuk mengetahui kegiatan tersebut, kamu perlu semakin mendekatkan diri dengan si kecil untuk semakin memahami keseluruhan dirinya, termasuk mengapa ia sangat aktif serta kegiatan apa yang bisa menarik perhatian dan fokusnya sehingga ia bisa diam sejenak. Just keep looking for them until you find the motionless activities that suit your kid best!

source: http://cdn.sheknows.com/articles/2011/10/mom-daughter-puzzles.jpg


 

Selalu Awasi Tingkah Si Kecil


Menjadi anak yang aktif bukanlah kesalahan. Kamu tidak harus selalu menghentikan setiap hal yang anakmu lakukan loh. Biarkan saja dia mengekspresikan dirinya melalui tindakan-tindakannya. Tetapi, kamu harus selalu mengawasi dan memastikan bahwa kegiatan yang ia lakukan bukanlah kegiatan buruk yang dapat membahayakan dirinya sendiri ataupun orang lain disekitarnya.

source: https://4.bp.blogspot.com/-JnPFxj2_wYs/VlSZpSr4tkI/AAAAAAAADvw/6WU3iUt-JDw/w800-h800/z16814183Q%252Cmatka-z-dziecmi.jpg


 

Jangan Mengubahnya


Menjadi aktif bukanlah hal yang aneh dan salah. Maka sebaiknya kamu tidak berencana untuk mengubah sikap aktif si kecil agar ia terlihat seperti anak-anak lain. Cukup hargai, bantu ia menyalurkan energinya, serta awasi dan tuntun si kecil agar tidak melakukan hal-hal buruk yang melanggar hukum. Just remember this: every kid is unique, and being active is part of his/her uniqueness!

source: http://cdn2.tstatic.net/bali/foto/bank/images/ilustrasi-anak-anak-bermain_20150801_172514.jpg