Cari sebanyak mungkin infomasi tentang kelahiran lotus birth

Moms, sebelum memutuskan untuk melakukan metode lotus birth, ada baiknya Moms dan pasangan mencari informasi sebanyak mungkin tentang metode lotus birth. Lotus birth memang dipercaya memberikan banyak manfaat ke bayi terutama untuk menjaga bayi dari kemungkinan anemia dikemudian hari dan menjaga proses adaptasi bayi dengan dunia di luar rahim secara bertahap. 

Tapi, selain manfaat, moms harus mempertimbangkan resiko dari proses kelahiran lotus birth termasuk segala "kerepotan" yang akan Moms dan pasangan hadapi saat harus merawat plasenta. 
Selain itu,Moms dan pasangan sebisa mungkin meyakinkan keluarga bahwa metode kelahiran ini cukup aman untuk bayi Moms kelak dan bisa memberikan banyak manfaat kepada ibu dan bayi secara umum.

Moms bisa mulai mengikuti komunitas pemerhati lotus birth atau mencari tahu lebih banyak cerita lotus birth dari sosok ibu yang sudah pernah melakukan lotus birth ini.
Semangat mencari informasi ya Moms!

source: http://www.blogcdn.com


 

Menghubungi tenaga medis atau orang yang menangani kelahiran lotus birth

Lotus birth memang jarang dilakukan di rumah sakit, tapi di klinik bersalin atau di dalam rumah. Tapi sudah ada beberapa tempat di Indonesia yang menerapkan metode lotus birth. Yayasan Bumi Bali Sehat di Ubud Bali adalah yayasan yang terkenal membantu kelahiran lotus birth.

Beberapa tempat di Indonesia yang sudah menerapkan lotus birth adalah Yayasan Bumi Bali Sehat di Ubud, Bali. Yayasan ini mlayani proses kelahiran alami dan perawatan ibu dan bayi termasuk lotus birth. Selain Yayasan Bumi Bali Sehat, klinik lain yang mengenakan prinsip gentle birth adalah Klinik Bidan Kita di klaten dan beberapa klinik lain juga sudah banyak yang melayani kelahiran lotus birth ini.

Lotus birth juga bisa dilakukan dirumah Moms, dengan catatan moms harus tetap meminta bantuan tenaga medis atau orang yang ahli dibidang lotus birth ini untuk meminimalisir resiko kelahiran. 

Moms, jangan lupa untuk memeriksakan secara detail tentang kondisi Moms dan bayi yah. Apakah fisik moms dan bayi cukup siap untuk menghadapi lotus birth ini, karena tidak semua ibu bisa melahirkan dengan metode ini.

source: https://i1.wp.com/ph.theasianparent.com


 

<baca juga>

Persiapkan peralatan untuk melahirkan secara lotus birth, jika itu dilakukan di rumah

Seperti metode gentle birth yang lain, prinsip dari melahirkan secara lotus birth ini adalah melahirkan alami tanpa intervensi tenaga bidan atau dokter. Proses kelahiran pun dibuat setenang dan senayaman mungkin sehingga membuat ibu dan ayah memiliki moment yang intim sang bayi lahir ke dunia.

Alih-alih dirumah sakit, rumah menjadi pilihan bayak Ibu untuk melahirkan lotus birth.  Jika Moms mantap untuk melakukan metode lotus birth dari dalam rumah, Berikut adalah perlengkapan kelahiran yang perlu Moms persiapkan :

1. Ruangan melahirkan yang tenang dan menyenangkan
2. Bak atau kolam yang cukup besar, karena biasanya lotus birth juga dilakukan dengan proses waterbirth
3. Aroma terapi untuk membuat kamu dan pasangan rileks
4. Baskom bersih dan steril untuk menampung plasenta
5. Handuk besar yang lembut untuk melap ibu maupun bayi
6. Pakaian yang longgar dan nyaman dikenakan
7. Kain bersih dan steril untuk membungkus plasenta

source: https://invisibleillnessbattle.files.wordpress.com


 

Perhatikan metode merawat plasenta

Hal yang paling penting yang harus moms dan pasangan ketahui adalah bagaimana cara "hidup" bersama plasenta alih-alih Moms juga harus memperhatikan bayi Moms yang baru saja lahir. Penanganan plasenta yang kurang baik dapat membuat plasenta busuk, berbau, sekaligus meningkatkan resiko bayi terinfeksi bakteri.

Beberapa upaya yang harus Moms dan pasangan lakukan untuk menjaga plasenta tetap terjaga hingga berhenti berdenyut adalah sebagai berikut :
1. Plasenta yang lahir dari perut Ibu membutuhkan waktu beberapa saat setelah kelahiran, oleh karena itu plasenta harus dibersihkan dengan air hangat

2. Persiapkan kain yang dapat menyerap cairan dan memiliki rongga udara yang baik agar plasenta selalu kering.

3. Menjaga plasenta dari bau yang kurang sedap dengan membubuhi garam laut maupun herba atau minyak esensial yang bisa mengatasi bau 

4. Bayi yang masih menempel dari tali pusat harus menganakan pakaian yang nyaman dan longgar untuk menjaga posisi tali pusat.


 

<baca juga>

Persiapkan mental tentang segala resiko!

Hal terakhir yang Moms harus persiapkan adalah kesiapan mental untuk menghadapi segala resiko tentang kelahiran lotus birth. Yang perlu Moms ketahui dari lotus birth adalah risiko bayi terkena infeksi dari plasenta yang tetap dipertahankan dan terhubung dengan bayi melalui tali pusat.

Selain itu Moms juga harus ekstra hati-hati saat melakukan aktifitas bersama bayi seperti memandikan bayi, menyusui maupun menggendong bayi agar tali pusat tidak tertarik dan menimbulkan luka.

 
source: https://img.purch.com

Nah Moms, sudah siapkah kamu dengan metode lotus birth? Mulai cari dan gali info sebanyak-banyaknya dan seakurat mungkin tentang proses kelahiran lotus birth ini. Selamat mencoba Moms, semoga kelahirannya lancar ya.