Menyenangkan menjadi wanita hamil. Kita bisa sangat diistimewakan loh! Terutama di angkutan umum. Kebetulan nih, Moms. Saya masih kuliah dan pulang-pergi naik kereta. Perjuangan banget sih, karena ada beberapa stasiun yang masih belum ramah ibu hamil. Misalnya liftnya sering banget mati, atau tangganya curam banget. Aduh, gak kebayang banget sih. Tapi alhamdulillah stasiun yang saya singgahi cukup ramah untuk ibu hamil, Moms.


(Source: http://assets.kompas.com/data/photo/2017/02/03/1123000IMG-20170201-085458-1780x390.jpg)

Nah, moms. Pengen sedikit cerita nih. Pas usia kandungan masuk 7 bulan sampai dengan sekarang, saya selalu diistimewakan di transportasi publik yang saya naiki, seperti Kereta Commutter Line dan Transjakarta. Lalu, dari 1 bulan ke 6 bulan? Hahahaha. Boro-boro, saya sama sekali gak kelihatan hamil, perut masih ramping pake banget. Sampe saya kesel karena pernah suatu kali ada bapak-bapak yang curiga saya pura-pura hamil. Saya hanya bisa tertawa dan yaudah lah ya, terima aja. Toh emang belum keliatan. Sama kasusnya kayak Sandra Dewi, yang sudah hamil 6 bulan pun masih terlihat seperti belum hamil :P

(Source: https://cdn.brilio.net/news/2017/09/05/131510/750xauto-meski-hamil-6-bulan-8-penampilan-sandra-dewi-ini-terlihat-bak-abg-170905k.jpg)

Ever had same experience, Moms? Ya, lucu deh pokoknya kalau inget hamil muda dulu. Perut gak keliatan hamil, sampe minta duduk aja susah banget. Tapi pas udah keliatan perut melendung apalagi mau lahiran gini sih orang pada rebutan nawarin tempat duduk. Bener gak?
Eh, but by the way Moms, memang berasa banget ya waktu hamil sama gak hamil. Saya pernah paksain gak duduk, waktu itu usia kandungan kalau gak salah 3 bulan, saya paksa gak duduk karena saya pikir hanya 5 stasiun. Tapi Moms, saya gak kuat, mungkin karena kandungan masih muda dan guncangan di dalam kereta, saya kurang seimbang dan rasanya mau pingsan, akhirnya saya cari tempat duduk dan keluarlah keringet dingin setelah duduk. Dan ternyata memang bener, dalam kendaraan umum sih sebisa mungkin sedekat apapun, ibu hamil harus duduk, terutama untuk yang sudah memasuki usia kelahiran. Perut semakin berat dan koordinasi kita tidak sebaik saat sebelum hamil.


(Source: http://sharingdisini.com/wp-content/uploads/2014/12/memberi-tempat-duduk-untuk-bumil.jpg)

So, moms. Jangan pernah kamu maksain diri ya kalau di transportasi publik. Sebisa mungkin gak perlu malu dan ragu minta kursi prioritas yang memang sudah disediakan untuk kita. Ya, kalau kursi prioritas sudah penuh dengan orang-orang yang memang perlu diprioritaskan, pasti bakalan ada aja kok orang baik yang mau kasih kita tempat duduk. Setuju gak moms?