Puree Alpukat

Buah alpukat mengandung vitamin A dan C, serta kalsium dan magnesium. Nutrisi yang terkandung pada buah alpukat sangat baik untuk meningkatkan daya tahan dan perkembangan motorik bayi.

Cara membuat pure alpukat cukup mudah, yaitu :
Langkah pertama : Pilih alpukat yang matang, dengan daging buah penuh dan berwarna hijau kekuningan. 
Langkah ke-dua : Ambil daging buahnya, buang bijinya, dan haluskan dengan food processor tapi akan lebih baik jika Moms menghaluskan daging buah dengan cara manual.

Alpukat tidak perlu dimasak ya Moms!
 

Puree Apel Kukus/Rebus

Apel mengandung Vitamin A, C dan asam folat, selain itu apel juga mengandung potassium, magnesium dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan si kecil

Langkah untuk membuat pure apel adalah sebagai berikut

Langkah pertama : Pilih buah apel yang matang dan segar. Kupas dan potong buah apel menjadi beberapa bagian

Langkah kedua : Letakan potongan apel ke dalam panci kecil/mangkok tahan panas dan isi dengan air secukupnya.

Langkah ke tiga : kukus/rebus apel sampai lunak dan tiriskan

Langkah ke empat : masukan food processor atau blender sampai tekstur lembut dan sajikan dalam mangkok bersih atau dalam botol kaca khusus untuk MPASI jika ingin disimpan. Pastikan bubur air tidak terlalu banyak mengandung air ya Moms untuk itu lebih baik pure apel disaring sebelum disajikan atau disimpan.
 

baca juga

Pure Pear

Saat bayi kamu mulai MPASI, biasanya bayi akan mengalami konstipasi. Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk mengatasi konstipasi adalah Pear. Pear mengandung vitamin A, C dan asam folat. Selain itu terdapat kandungan mineral yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan bayi kamu antara lain kalsium, magnesium, fosfor, dan potasium.
Berikut langkah mudah membuat pure pear :

Langkah pertama : Pilih pear yang matang dan manis, Moms bisa pilih pear xiang lie yang sudah manis dan tidak terlalu asam

Langkah ke dua : kupas pear dalam potongan kecil, kukus pear sebentar jika bayi baru pertama kali mengonsumsi MPASI atau biarkan segar

Langkah ke tiga : Masukan potongan pear ke dalam food processor atau blender, lalu haluskan sampai benar-benar lembut

Langkah empat : tambahkan air matang sedikit untuk memperhalus tekstur pear dan sajikan segera. Moms bisa menambahkan cereal di pure pear jika MPASI sudah berjalan beberapa waktu.



 

Puree Buncis

Selain buah-buahan, Moms bisa juga lho menambahkan sayuran ke menu harian MPASI si kecil. Sayuran adalah makanan kaya manfaat yang mengandung serat, vitamin dan mineral. Baby buncis mengandung vitamin A, C, K, Niaci dan asam folat. Selain itu buncis juga mengandung beberapa mineral seperti kalsium, magnesium, iron, fosfor, sodium dan potassium.

Moms bisa membuat puree buncis dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Langkah pertama : Buncis segar adalah bahan terbaik yang bisa mama gunakan, piih baby buncis (buncis kecil) agar mudah di olah. Bersihkan buncis dan cuci.

Langkah ke dua : potong-potong buncis dan kukus buncis sampai lunak, tiriskan sampai air benar-benar habis.

Langkah ke tiga : masukan food processor atau blenderm lalu campur sampai benar-benar lunak, lalu sajikan

baca juga

Bubur Susu Beras Merah

 Beras merah juga mengandung vitamin B1,B6 serta B12 untuk emenuhan energi bayi. Selain itu beras merah juga mengandung mineral seperti zat besi untuk mencegah anemia pada bayi. Berikut cara membuat bubur beras merah yang mudah dan praktis:

Langkah pertama : Siapkan beras merah, sangrai lalu masukan ke food processor untuk dijadikan tepung (bisa juga menggunakan teoung beras merah siap pakai)

Langkah ke dua : larutkan dua sendok tepung beras merah dalam air (100 ml air), rebus di atas api kecil aduk. 

langkah ke tiga : Masukan ASI Perah atau pure buah ke dalam larutan tepung yang sudah agak dingin, aduk dan sajikan hangat

Puree Ubi Jalar atau ubi manis

Ubi jalar memiliki kandungan Vitamin A yang sangat tinggi dibandingkan makanan yang lain (24.877 mg), vitamin C dan asam folat. Selain itu ubi jalar atau ubi manis uga kaya mineral lho Moms, seperti magnesium, selenium, fosfor, sodium, potassium, dan kalsium.
Membuat puree ubi manis ini sangat mudah Moms, simak yuk

Langkah pertama : siapkan ubi jalar (jika memungkinkan ubi jalar yang berwarna kuning), cuci bersih.

Langkah ke dua : rebus atau kukus ubi jalar sampai mendidih, lalu kupas kulitnya dan potong kecil-kecil

Langkah ke tiga : masukan food processor atau bisa juga dihaluskan dengan menggunakan sendok/garpu dan campurkan 200 ml ASIP. Sajikan hangat