Apa saja Tanda-tanda bayi mulai MPASI?

Waktu pengenalan MPASI kepada si kecil adalah hal paling penting yang harus Moms ketahui. Terlalu dini memberikan ASI bisa menyebabkan bayi tersedak karena motorik bayi belum siap menerima makanan padat. Selain itu, pemberian MPASI terlalu dini juga memperbesar resiko alergi.

Sebaliknya Moms, terlalu lambat memberikan MPASI juga tidak baik untuk bayi.
Bayi dikhawatirkan terkena malnutrisi dan lebih picky eater atau pemilih dalam hal makanan. Untuk itu Moms perlu tahu kapan bayi siap untuk menerima MPASI. Berikut tanda-tanda bayi siap MPASI :

1. Apakah bayi kamu sudah bisa mengangkat kepalanya? Bayi kamu harus sudah tegak duduk untuk mengontrol kepalanya saat berada di kursi tinggi, kursi makan bayi atau kursi bayi.

2. Apakah bayi kamu sudah mulai membuka mulutnya saat makanan datang? Bayi kamu mungkin siap untuk meraih makanan, tertarik kepada makanan, dan condong kepada orang yang sedang makan seperti ingin diberi makan.

3. Apakah bayi sudah mulai bisa memindahkan makanan dari tangan ke mulut? atau dari sendok ke mulut? bayi yang sudah memiliki motorik baik, siap untuk memasukan makanan ke mulut. Oh ya Moms, saat kamu coba menawarkan satu sendok bubur, lalu bayi mendorong keluar dari mulutnya dan mengangkat sedikut dagunya, itu wajar Moms! bukan berarti si kecil tidak mau makan ya. Si kecil hanya perlu membiasakan diri lebih lama lagi

4. Apakah bayi kamu sudah cukup besar? Umumnya, ketika bayi memiliki berat badan dua kali lebih berat dari berat lahir (bisa dilihat saat mulai usia 4 bulan) atau berat bayi sudah mencapai 13 kilogram atau lebih, tandanya bayi siap menerima makanan padat.

Nah moms, jangan terburu-buru memberikan MPASI ya moms. Agar lebih aman konsultasikan dahulu kondisi si kecil ke dokter anak yang concern ke ASI. Karena setiap bayi memiliki tanda-tanda pertumbuhan sendiri. Jika Moms masih ragu, sesuaikan usia pemberian MPASI saat si kecil berusia tepat 6 bulan atau 180 hari.

 

source: https://vitasi.net


 

Bagaimana cara memberikan MPASI yang baik

JIka bayi sudah memiliki semua tanda-tanda siap makanan padat, saatnya memberikan makanan ke si kecil Moms. Memberikan makanan ke bayi harus dilakukan bertahap, baik dari segi waktu pemberian, tekstur, dan variasi makanan. Berikut tips yang bisa Moms lakukan saat pertama kali memberikan MPASI ke bayi

1. Mulailah dengan setengah sendok atau kurang sebagai suapan pertama. Sambil menyemangati si bayi untuk membuka mulutnya. 

2. Bayi kamu mungkin akan terlihat bingung, mengerutkan hidungnya, menggulung makanan di sekitar mulutnya atau menolaknya sama sekali. Itu wajar Moms! Bayi sedang belajar menerima hal baru yaitu makanan padat

3. Memberikan ASI terlebih dahulu, kemudian beralih ke setengah sendok makan makanan padat bisa membantu kamu saat pemberian MPASI pertama. Bayi kemungkinan akan merasa lapar dan frustasi karena belum berhasil menelan makanan padatnya lebih banyak, maka ASI bisa menunda rasa laparya sebentar Moms. Buatlah bayi senyaman mungkin saat waktu makan toba.

4. Jangan kaget jika sebagian besar makanan-padat pertama menempel di wajah, tangan, dan bibir mereka Moms! Tingkatkan jumlah makanan secara bertahap, satu sendok teh, kemudian dua sendok dan seterusnya. Siapkan lap bersih atau slabber bayi untuk membersihkan muka bayi saat makan.

 

source: http://nakita.grid.id


 

<baca juga>

Makanan apa saja yang boleh untuk bayi saat pertama kali MPASI?

Saat pertama kali mengenalkan makanan ke bayi, usahakan satu persatu atau degan rasa tunggal ya Moms, hal ini memungkinkan bayi untuk mengenal banyak rasa. Setelah satu atau dua minggu, kamu bisa memberikan makanan dengan variasi beberapa bahan seperti karbohidrat, protein dan serat.

Sebenarnya, belum ada bukti klinis yang menyatakan makanan apa yang harus diberikan terlebih dahulu ke bayi, apakah sayur, buah, karbohidrat atau protein. Tapi saat bayi kamu mendapatkan ASI saja sebelumnya sebaiknya kamu sudah mulai memperkenalkan daging atau makanan yang mengandung zat besi untuk memenuhi kekurangan zat besi.

Moms, kamu juga bisa mencari panduan dari WHO atau panduan lain mengenai variasi makanan apa saja yang baik unuk bayi usia 6 sd 12 bulan pertama hidupnya. Atau konsultasikan ke dokter anakmu dulu ya Moms!

Selamat memberikan MPASI, anak sehat dimulai dari makanan pertamanya. Salam

source: http://www.justcarefor.com