Persiapan Fisik


Melahirkan merupakan sebuah proses yang tidak sederhana. Untuk menentukan metode yang tepat, kamu juga perlu mengetahui dengan pasti kondisi kandungan dan kesehatan kamu. Pastikan kamu selalu menjaga kandungan dan kesehatan tubuh selama hamil sejak trimester awal. Lakukan konsultasi kehamilan dengan para ahli secara rutin untuk mengetahui detail kondisimu. Jangan sampai kamu memaksakan untuk melahirkan di rumah padahal hal itu membahayakan.
 

source: http://tokolahraga.com/


 

Persiapan Mental


Konsultasikan masalah kehamilan dengan ahlinya. Kamu dapat berkonsultasi dengan bidan atau dokter untuk mengetahui detail proses persalinan dengan baik. Jika kamu merencanakan proses persalinan di rumah, sudah pasti kamu ingin anakmu lahir dengan normal tanpa tindakan operasi. Persalinan normal akan membutuhkan motivasi serta keyakinan dan mental yang kuat agar dapat berjalan dengan lancar.
 

source: https://www.parentingclub.co.id/


 

baca juga

Konsultasi Tim Medis


Jika sudah mendekati hari H, segera konsultasikan lebih serius dengan tim medis mengenai keinginanmu untuk melakukan persalinan di rumah. Kebanyakan para ibu akan meminta tim bidan untuk mendampingi proses persalinan di rumah. Selain lebih private, persalinan di rumah akan meningkatkan rasa nyaman dan mengurangi ketegangan ibu dibandingkan saat harus berkutat di dalam ruangan rumah sakit.
 

source: https://www.brilio.net/


 

Kondisikan Rumah


Pastikan kondisi rumahmu memang cukup nyaman untuk proses persalinan agar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Perhatikan pencahayaan, sirkulasi udara, akses menuju air, hingga temperatur udara berada dalam kondisi yang ideal. 

  • Hindari ruangan yang terlalu terang karena akan membuat ibu merasa tidak nyaman saat sedang kontraksi. Ruangan yang redup akan membuat ibu lebih rileks dalam menjalani proses persalinan.
  • Pastikan udara tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas. Sirkulasi udara harus baik agar pernafasan ibu tetap terjaga dengan baik.
  • Akses menuju air adalah hal penting untuk memastikan bayi yang lahir dapat segera dibersihkan. Apalagi jika kamu ingin melakukan persalinan dengan metode water birth. Akses air bersih dan hangat harus mudah untuk dicapai.
source: https://www.youtube.com/watch?v=4D-RDnPDi3Y


Nah, itulah empat hal penting yang harus kamu perhatikan saat akan melakukan persalinan di rumah sendiri. Melahirkan di rumah memang akan lebih membuat ibu nyaman, tapi selalu pertimbangan saran ahli medis untuk kebaikan ibu dan bayi adalah hal yang utama. Semoga bermanfaat, ya!