Menentukan tempat kelahiran adalah hal yang penting untuk mengoptimalkan proses persalinan. Hal ini sangat penting terkait kenyamanan dan kondisi keamanan untuk keselamatan ibu dan bayi. Selain di rumah sakit, rumah juga sering menjadi lokasi persalinan yang banyak diminati. Pertimbangannya adalah tempat yang lebih private dan nyaman sehingga membuat ibu lebih rileks saat menjalani proses persalinan. Namun, sebelum menentukan lokasi persalinan di rumah, pertimbangkan plus minus melahirkan di rumah berikut ini :
 

source: https://www.parents.com/


 

Kelebihan Melahirkan di Rumah


Melahirkan di rumah memiliki beragam kelebihan. Beberapa diantaranya yang dapat kamu jadikan pertimbangan dalam memilih rumah sebagai lokasi persalinan adalah :

  1. Lokasi lebih private. Lokasi yang lebih private akan membuat ibu menjadi lebih nyaman untuk mencari posisi dan tempat melahirkan. Dengan begitu, proses persalinan akan lebih mudah dibandingkan dengan posisi melahirkan di rumah sakit yang harus berbaring di atas tempat tidur.
  2. Tempat familiar yang membuat ibu rileks. Lokasi yang sudah familiar akan membuat ibu menjadi lebih rileks dalam menghadapi persalinan. Kecemasan karena perlengkapan dokter yang terlihat menyeramkan dapat dihindari dengan memilih lokasi rumah sebagai tempat melahirkan.
  3. Suasana dapat diatur sesuka hati. Tidak hanya itu, suasana di rumah juga dapat kamu atur sesuai dengan keinginan ibu. Dengan begitu, ibu dapat lebih nyaman dalam melakukan proses persalinan.
  4. Kesempatan untuk melahirkan normal lebih tinggi. Biasanya jika kamu memilih untuk bersalin di rumah sakit, kamu akan mendapatkan intervensi dari tim medis dalam menentukan proses persalinan. Tidak jarang mereka memilih jalan singkat dengan operasi caesar daripada normal.
  5. Lebih hemat tanpa biaya penginapan. Tidak ketinggalan, kamu juga dapat menghemat pengeluaran dalam proses persalinan yang tidak memerlukan biaya penginapan. 
source: https://www.checkpregnancy.com/


 

baca juga

Kekurangan Melahirkan di Rumah


Meskipun memiliki banyak kelebihan, beberapa kekurangan ini juga perlu kamu pertimbangkan demi proses persalinan yang lebih baik :

  1. Biaya tidak di-cover asuransi. Kamu perlu memerika kembali ketentuan biaya asuransi melahirkan yang kamu miliki. Sebab tidak semua asuransi kesehatan, baik swasta maupun negara, mampu menutupi biaya home birthing.
  2. Akses obat-obatan sangat minim. Kamu jangan berharap akan ada tindakan cepat untuk obat-obatan, khususnya obat untuk menghilangkan nyeri dan rasa sakit saat proses persalinan.
  3. Rumah akan menjadi sangat heboh dan berantakan. Kamu perlu memastikan semua keperluan melahirkan seperti seprai tambahan, plastik, beberapa handuk bersih, dan perlengkapan lainnya selalu siap sedia.
  4. Risiko kondisi gawat darurat. Kamu tidak akan pernah bisa menebak kondisi gawat darurat yang dihadapi saat proses persalinan terjadi. Ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dalam memutuskan lokasi persalinan dengan dokter dan bidan untuk mengetahui lebih dalam kondisi kandunganmu.
source: https://www.youtube.com/watch?v=U3_8voizfoA


Nah, itulah ulasan mengenai plus minus melahirkan di rumah. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan kamu dalam menentukan lokasi persalinan yang tepat dan terbaik bagi ibu dan bayi.