1. Percaya Diri dan Kuatkan Mental

Hal pertama yang harus kamu perkuat saat jika ingin memproduksi ASI lebih banyak adalah kepercayaan diri. Jika kamu tidak percaya diri dan pesimis, tubuhmu akan memberikan respon negatif yang nantinya berpengaruh pada produksi ASI yang sedikit.  Mindset positif harus terus dibangun. Kuatkan tekadmu bahwa kamu akan memberikan ASI eksklusif selama dua tahun untuk bayimu.
 

source: http://www.sheknows.com/


Jangan lupa untuk terus berusaha memberikan ASI meskipun sedikit. Ingat, ASI diproduksi berdasarkan permintaan. Jika bayimu semakin sering menyusu, maka ASI akan lebih banyak diprduksi. Jadi, bukan berarti produksi ASI yang sedikit membuat kamu harus menghendtikan pemberian ASI itu sendiri.


2. Perhatikan Pola Makan dan Asupan Gizi

Saat menyusui, kamu tentu perlu untuk memakan makanan yang sehat dan bergizi. Hal ini penting untuk menjaga asupan gizi dan nutrisi yang terkandung dalam ASI agar tetap baik. Kamu tidak perlu makan terlalu banyak, yang penting cukup dan bergizi. Selain itu, tingkatkan asupan sayuran hijau dan makanan yang bisa berguna untuk ASI booster seperti daun katuk, daun pepaya, kacang-kacangan, sari kurma, tumis pare, susu soya, dan lain sebagainya. 
 

source: https://sg.theasianparent.com/


 

baca juga


3. ASI Booster Tea

Selain mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI, kamu juga dapat menambah produksi ASI dengan meminum teh pelancar ASI. Meskipun bernama ASI Booster Tea, minuman ini tidak mengandung daun teh sama sekali, lho. Minuman ini mengandung bahan-bahan alami seperti fenugreek seed, fenugreek powder, fennel seeds, fennel powder, anise, cinnam venum, alpinia powder, serta habbatussauda. Review dari para penggunanya menunjukan bahwa minuman ini dapat meningkatkan produksi ASI dengan sangat baik.
 

source: https://plus.google.com/


 


4. Support Dari Keluarga 

Terakhir, dukungan dari keluarga dekat adalah hal utama dalam memberikan asupan ASI yang cukup bagi buah hari. Dalam hal ini, sang ayah harus berperan besar dalam memfasilitasi ibu untuk memberikan ASI kepada sang bayi. Dukungan dari keluarga akan memberikan energi positif dari kepada sang ibu sehingga ASI menjadi lebih optimal dalam diproduksi.

 

source: https://singaporemotherhood.com/


Nah, itulah hal-hal yang harus kamu perhatikan untuk meningkatkan produksi ASI. Yang terpenting, jangan sampai ibu menjadi stres karena dapat menghambat produksi ASI itu sendiri.