Daun Katuk

Kamu pasti sudah familiar dengan bahan alami yang satu ini. Ya, sejak zaman dulu, daun katuk memang selalu diandalkan sebagai ASI booster alami. Berbagai kandungan alami dan berkhasiat seperti vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna sangat berpengaruh dalam melancarkan produksi ASI ibu.

 

source: https://bayionline.net


Untuk menyantapnya, daun katuk dapat diolah menjadi sayur tumis atau sayur bening. Kamu juga dapat menambahkan jagung manis untuk memperlancar dan menambah produksi ASI.
 


Daun Pepaya

Meskipun memiliki rasa yang sangat pahit, daun pepaya sangat ampuh untuk digunakan sebagai ASI booster. Untuk mengonsumsinya, kamu dapat memasak daun pepaya dengan cara ditumis atau direbus. Agar rasa pahitnya berkurang, cobalah untuk menumis dan merebus daun pepaya bersama dengan daun singkong.

 

source: https://lifestyle.okezone.com/


 

baca juga


Edamame

Camilan enak dan sehat yang dapat digunakan sebagai ASI booster adalah edamame. Edamame atau yang juga dikenal sebagai kedelai jepang ini merupakan sumber protein nabati yang recommended banget untuk ibu menyusui. Kandungan vitamin K, asam folat, zat besi, fosfor,dan kalium dalam edamame sangat dapat diandalkan untuk memperlancar produksi ASI. Untuk memakannya, edamame dapat direbus, kemudian ditambahkan sedikit garam untuk dimakan sebagai camilan sehat.
 

source: http://www.foodnetwork.com/


 


Kacang-Kacangan

Selain itu, beragam kacang-kacangan juga dapat kamu konsumsi sebagai ASI booster. Berikut ini adalah beberapa jenis kacang yang terbukti dapat memperlancar dan menambah produksi ASI :

Kacang Hijau

Kacang hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat bagus untuk memperlancar ASI, mulai dari vitamin B1, protein, fosfor, hingga asam folat. Untuk mengonsumsinya, ibu hamil dapat memakan kacang hijau yang diolah menjadi sari kacang hijau atau bubur kacang hijau. Tapi ingat, jangan sampai gula yang dipakai terlalu banyak, ya!

Kacang Almond

Kamu pasti sudah familiar dengan kandungan kacang almond yang sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti asam lemak, vitamin, mineral, serat makanan, hingga protein tinggi. Ibu para ibu menyusui, kacang almond merupakan booster ASI alami yang juga berperan dalam perkembangan otak bayi.

Kacang Merah

Kacang merah juga dapat kamu konsumsi untuk memperlancar produksi ASI. Untuk memakannya, kamu dapat memasukan kacang merah dalam olahan sup daging, atau merebusnya dan meminum sarinya.

 

source: http://stylesatlife.com/


 

baca juga


Labu

Beragam pilihan labu dapat kamu konsumsi sebagai booster ASI alami, mulai dari labu siam yang berwarna hijau hingga labu kuning. Untuk memakannya, kamu dapat membuat olahan sayur, lalapan matang, hingga kolak. 
 

 

source: http://www.khasiat.co.id/


 


Buah-Buahan

Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang dapat kamu andalkan untuk memperlancar produksi ASI. Untuk memakannya, kamu dapat melahapnya langsung tanpa tambahan gula ataupun susu. Pastikan kamu memilih alpukat yang matang sehingga lembut dan manis untuk dimakan langsung. Kandungan alpukat sangatlah berkhasiat dalam memperlancar ASI, bahkan asam lemak tak jenuh tunggal di dalamnya juga berperan besar dalam tumbuh kembang sel otak bayi.

Semangka

Buah yang satu ini memang disukai banyak orang, tapi siapa sangka, khasiatnya dalam mengoptimalkan produksi ASI sangatlah tinggi. Semangka banyak mengandung vitamin A dan C, kalium, hingga asam folat yang bermanfaat untuk asupan gizi dalam ASI untuk bayi.
 

source: http://www.manfaatbuahan.com/


Nah, itulah beberapa rekomendasi ASI booster alami yang bisa kamu coba. Semoga bermanfaat, Moms!