Reaksi Obat Tertentu

Penyebab anak muntah bisa terjadi karena penyakit anak. Muntah-muntah pada anak juga dapat terjadi sebagai efek dari minum obat tertentu. Jadi, ingat-ingat lagi apakah kamu sedang memberi obat pada si kecil karena ia sedang sakit. Bagi anak yang tengah menjalani kemoterapi, maka tak heran kalau akhirnya merasa mual dan muntah selama menjalanni proses tersebut.

Efek samping kemoterapi tidak hanya memengaruhi rambut saja, tapi juga berpengaruh pada kesehatan pencernaan di mana pasien akan merasa mual tapi tidak muntah atau bisa juga mual disertai muntah.
 

source: http://www.alodokter.com/


 

Terlalu Banyak Makan

Moms, selain karena penyakit anak, muntah pada anak juga bisa disebabkan karena terlalu banyak makan. Bila si kecil sudah bisa makan sendiri, maka ada kemungkinan ia makan terlalu banyak di luar pengawasan Moms sehingga ia menjadi muntah-muntah karena tak mengerti seberapa buruk efeknya kalau makan banyak. Atau mungkin, kamu yang masih menyuapinya ingin si kecil makan banyak tapi tak mengira efeknya menjadi demikian.

Awasi dan berikan pengertian kepada anak, bahwa tidak sebaiknya ia makan terlalu banyak. Kalau kamu yang kerap menyuapinya, perlu juga membatasi asupan agar anak tak terlalu kenyang.
 

source: http://www.alodokter.com/


 

<baca juga>

Alergi

Selanjutnya selain karena terlalu banyak makan atau penyakit anak, penyebab anak muntah bisa terjadi karena alergi. Anak penderita alergi juga bisa mengalami muntah-muntah, di mana kondisi ini terjadi paling sering pada anak-anak yang usianya 6-12 bulan ke bawah. Jika si kecil makin bertambah besar dan usianya sudah melewati 12 bulan, biasanya keluhan muntah-muntah pun akan berkurang.

Di usianya antara 5-7 tahun, pada umumnya akan membaik dengan sendirinya. Kondisi muntah karena alergi akan disertai juga dengan rasa sakit di tenggorokan, pilek, batuk dan pusing. Bahkan terkadang demam pun melanda gara-gara alergi.
 

source: https://halosehat.com/


 

Gangguan Metabolik

Faktor lain yang cukup besar berperan dalam menyebabkan muntah-muntah pada anak adalah adanya gangguan metabolik di tubuhnya. Ini kemudian berpotensi untuk mengganggu bagian perut serta otak yang menjadi koordinator muntah. Tak ada salahnya untuk memeriksakan anak secara rutin ke dokter demi mencegah gangguan metabolik ini
 

source: http://lifestyle.kompas.com/

Setelah membaca ulasan mengenai penyebab anak muntah tersebut, apakah Moms bisa kenali penyebab anak muntah? Jika khawatir karena penyebab penyakit anak, segera konsultasikan dengan dokter.