Kekurangan Sejumlah Nutrien atau Zat Gizi Tertentu

Salah satu penyebab Ibu hamil mengidam yang aneh-aneh adalah karena kekurangan sejumlah nutrien. Akibatnya, otak mengeluarkan respons dan menimbulkan keinginan untuk mencukupi kekurangan zat gizi tersebut. Misal, ibu hamil kekurangan zat besi, maka bentuk ngidamnya dapat berupa keinginan makan makanan yang mengandung zat besi. Namun bila kebutuhan zat gizinya terpenuhi, biasanya ngidamnya akan hilang. Apakah mommies juga sering mengalaminya?
 

source: http://www.alodokter.com/


 

Perubahan Kadar Hormon

Mommies, penyebab lain ibu hamil sering ngidam adalah karena perubahan kadar hormon. Keadaan ini sering terjadi bersamaan masa terjadinya mual dan muntah (emesis gravidarum) akibat hormon Human Chorionic Gonadothropine (HCG) sedang tinggi-tingginya saat kehamilan 60 hari atau 2 bulan dan menurun dengan sendirinya setelah kehamilan 4 bulan.

Makanya, saat itu mual-muntah akan hilang dan ngidam pun hanya bersifat sementara. Tapi, pada keadaan tertentu, bisa saja berlangsung selama 9 bulan, biasanya karena ada masalah psikologi.
 

source: https://lifestyle.okezone.com/


 

<baca juga>

Rangsangan Bau

Rangsangan bau atau aroma makanan bisa sebabkan Ibu hamil ngidam juga lho, mommies. Misal, bau roti bakar, cokelat, atau makanan lain. Hal ini dimungkinkan karena perubahan hormon. Akibatnya indra penciuman jadi sensitif. Kalau yang ini mungkin mommies sering merasa mengalaminya?
 

source: http://www.tribunnews.com/


 

Perubahan Emosi

Emosi juga dikatakan penyebab Ibu hamil sering ngidam yang aneh-aneh lho, mommies. Gangguan emosi sering terjadi pada lingkungan rumah yang tak baik (kumuh), penghasilan rendah (sosial ekonomi rendah), atau emosi yang labil.

Bukankah orang hamil butuh ketenangan, suasana yang nyaman, istirahat cukup, dan makan makanan yang dia perlukan? Nah, suasana kumuh tak membuat ia nyaman, kemudian makanan yang ia perlukan juga bisa jadi kurang, sehingga memicu timbulnya ngidam.
 

source: http://health.liputan6.com/r

Nah, setelah membaca ulasan tersebut mana yang menurut mommies sering menjadikan Ibu hamil ngidam yang aneh-aneh? Apakah ada penyebab lain yang mommies tahu? Yuk, sharing dengan calon ibu lainnya.