Perkembangan Psikis Bayi

Saat ibu sering menangis saat hamil, hormon stres akan diterima bayi dan mempengaruhi perkembangan emosinya. Bayi kemungkinan besar akan ikut merasa stres dan saat lahir hingga tumbuh besar akan menjadi cengeng, murung dan tidak percaya diri.

source: http://akakvitamin.com/adakah-bayi-kerap-nangis-punca-tak-cukup-susu/

Perkembangan Fisik Janin

Pengaruh menangis saat hamil selanjutnya dapat mengahmbat perkembangan fisik janin yang dikandung. Jika menangis sudah sampai pada tahap depresi, berat badan bayi bisa rendah saat dilahirkan. Hal ini dapat terjadi karena aliran darah ibu yang dialirkan pada bayi idak lancar saat menanngis sehingga pertumbuhan janin ikut terhambat.

source: http://www.healthynewbornnetwork.org/blog/born-too-small/
baca juga

Berkurangnya Pasokan Oksigen Pada Janin

Saat menangis, pembuluh darah akan saling beikatan kuat dan itu menyebabkan berkurangnya pasokan oksigen untuk janin. Itu juga bisa menghambat perkembangan janin di dalam kandungan.

source: https://cara.pro/pertumbuhan-bayi-dalam-kandungan/

Meningkatkan Risiko Bayi Lahir Prematur

Bayi lahir prematur dapat diakibatkan oleh menangi terus menerus yang berujung stres saat kehamilan. Tubuh akan menghasilkan hormon yang bisa mempercepat jangka waktu kehamilan saat ibu menangis.

source: http://showandtellonline.com.au/whats-on-our-mind-today/royal-baby-is-over-due-everyone-is-on-kates-belly-watch-here-are-some-tips-to-bring-on-labour-lets-get-these-to-kate-stat
baca juga

Untuk menghindari efek-efek buruk di atas, kamu harus juga mengontrol emosi saat kehamilan. Perlu diingat bahwa bukan hanya asupan makanan yang penting dijaga oleh ibu hamil, tetapi juga kondisi mental. Kamu bisa mencoba yoga, menonton film komedi atau bahkan mengajak suami baby moon!