Apakah breastmilk jaundice?? Yaitu bayi yang tampak kuning dengan kadar bilirubin diatas normal, penyebab kuningnya bayi karena asi. Kondisi ini biasanya timbul setelah bayi berusia sekitar 1 minggu dan memuncak pada hari ke-10 sampai ke-21, namun dapat berlangsung selama 2-3 bulan. Selama kurun waktu tersebut, walaupun bayi banyak minum ASI, pertambahan BB-nya bagus, BAB sering, BAK berwarna bening, bayi sehat, aktif, lincah dan responsif, namun Bilirubin-nya tetap tinggi dan bayi tetap kelihatan kuning.

Belum diketahui secara pasti apa yang menyebaban kondisi ini, namun kalangan medis mencurigai bahwa Beta Glucuronidase, suatu zat yang terdapat dalam ASI mengurangi kemampuan lever bayi untuk mengatasi kadar Bilirubin dalam tubuhnya
​​​
​​​​​​Ciri-ciri yang terlihat adalah kulit bayi terlihat tampak kuning, bagian mata bayi pun terlihat tampak kuning. Jika melakukan tes laborat maka kadar bilirubin inderect menjadi tinggi.
Tidak sedikit orangtua yang khawatir melihat buah hatinya dengan kondisi seperti ini. Jika Anda salah satu dari orangtua tersebut, jangan khawatir. Kuning yang dikarenakan asi akan hilang seiring bertambahnya imunitas bayi Anda serta kuning akan bertahan paling lama 3 bulan saja.

Pastikan bayi Anda tampak aktif, mengonsumsi asi yang cukup, BAK lancar (min 6x/sehari)/serta BAB lancar.
Dan tetap berikan Asi kepada bayi Anda. Tidak ada alasan untuk menghentikan pemberian asi kepada bayi jika keadaannya tampak seperti yang disebutkan diatas.

Namun jika bayi Anda tampak lesu, BAK tidak lancar, BAB tidak lancar, kuning pada bayi berlangsung lebih dari 3 bulan dan kadar bilirubin diatas angka 11 segera konsultasi kan bayi Anda kepada dokter spesialis anak.