Moms, punya anak membuat kita mau tak mau harus membelikan mainan dong yah, selain untuk kesenangan nya, mainan juga biasanya bisa melatih kreativitas dan imajinasinya. Bahkan banyak juga mainan yang memang sengaja didesign untuk edukasi, misalnya puzzle. Nah sejujurnya  aku pribadi termasuk yang agak pemilih ya Moms untuk membelikan mainan anak. Apalagi sekarang usia Gya sudah 21 bulan, sudah sering montessori juga di rumah, jadi bagaimana pun juga kalau aku membelikan dia mainan harus yang lebih banyak edukasinya, tapi ya yang tetep asyik juga bermain nya. Hehe

Mainan anak ini beragam banget ya Moms jenisnya, bahkan harga nya pun beragam. Mulai dari yang murah banget sampai yang harga nya mahal banget. Ini yang menjadi problematika ibu-ibu jaman now, yaitu bingung membelikan anak mainan murah atau mahal. Jujur aku belum pernah sih membelikan mainan yang mahal banget macam dijual di mall2 besar, mainan-mainan yang bermerk yang super mahal harga nya, itu aku kayaknya belum pernah deh beliin buat Gya. Selama ini aku jarang banget liat merk kalo beli mainan Gya, dimana pun misal di babyshop atau di pasar sekalipun, aku pernah beliin mainan Gya. Jadi enggak mesti beli di mall yang harga nya mahal-mahal dan bermerk. 

Kenapa menurutku engga perlu-perlu banget beli mainan yang super mahal? Karena percayalah Moms, BAYI ATAU ANAK KITA ITU TIDAK BISA MEMBEDAKAN MANA MAINAN YANG MAHAL DAN YANG MURAH. Yang terpenting bagi anak adalah bahwa mainan itu menyenangkan, asyik, seru, apalagi kalau bermain nya ditemani orang tua atau teman. JUST SIMPLE LIKE THAT MOMS. Jadi buat aku sih kita enggak perlu mengenalkan merk mainan pada anak, bahkan jangan sampe ya Moms kita bilang “Nak, hati-hati itu mainan nya mahal lho awas rusak” . Sebisa mungkin jangan sampe keluar kata-kata itu ya, Moms. Karena dengan kata-kata itu kita tanpa disadari telah mengenalkan sesuatu yang mahal, sesuatu yang bermerk, dan tanpa disadari kita telah membeda-bedakan mana mainan mahal mana mainan murah pada anak.

Sekedar tips dari aku, pertama it’s oke mom mau membelikan mainan yang murah, asalkan mainan itu tidak berbahaya atau tidak ada unsur bahaya nya, aman-aman saja. Kedua, beli lah mainan seperlu nya, tidak perlu punya banyak mainan karena ujung-ujungnya anak pasti bosenan. Ketiga, pilih mainan yang lebih banyak manfaatnya untuk seusia nya. Jadi usahakan  mainan yang dibeli emang untuk seusia anak kita ya Moms dan membuat anak kita belajar atau ada unsur edukasinya. Terakhir, kalau sedang tidak ada budget beli mainan, bisa banget lgo moms bikin mainan sendiri dengan memanfaatkan barang/barang bekas di rumah. Nanti kapan-kapan insyaallah aku share yaa tentang DIY mainan nya Gya :))