Assalamu'alaykum, Halo Moms!

Ini adalah postingan pertama saya di Blog Mommyasia.id. Sebelumnya, izinkan saya memperkenalkan diri ya, moms. Nama saya Ikrimah Muzdalifah, biasa dipanggil Iik. Saya adalah ibu dari seorang anak laki-laki berusia 2 tahun yang sedang aktif-aktifnya, lincah, dan pintar bernama Muhammad Abrizan Akmal. Karenanya, saya lebih senang memakai nama pena Ummu Akmal :)

Saya adalah seorang stay-at-home-mom yang juga pernah menjadi working mom with baby in office. Hihihi, iya dulu ketika saya masih bekerja, kantor saya membolehkan kami para ibu-ibu yang memiliki bayi membawa bayinya ke kantor. Namun dengan catatan, masing-masing membawa pengasuh/baby sitter yang menjaga bayinya. Asik ya! Kerjaan lancar, anak juga bisa terpantau. Karena itu -Alhamdulillah- saya lulus menyusui anak saya sampai usia 2 tahun dengan cara menyusui langsung. Insya Allah nanti di postingan lainnya saya akan cerita tentang perjalanan menyusui anak saya dan kebijakan kantor yang sangat menyenangkan para ibu ini.

Saat ini saya tinggal di Serpong, Tangerang Selatan. Sebelumnya saya tinggal di Bandung selama setahun, dan di Manokwari Papua Barat selama 3 tahun. By the way, anak saya kelahiran Manokwari lho moms! Di postingan lainnya nanti juga saya akan cerita pengalaman saya melewati tantangan kehamilan dan persalinan di kota minim fasilitas kesehatan ya. Hihihi, iya saya dan suami memang bertemu dan berjodoh di Manokwari. Rupanya Allah memiliki rencana menempatkan saya bekerja di ujung timur Indonesia, yaitu bertemu dengan jodoh saya dan lahirnya buah hati kami :)


Image Source : https://id.pinterest.com/pin/202521314473669566/

Suami saya memang bekerja di instansi yang rolling/mutasi pegawainya sangat cepat. Dari satu kota ke kota lain. Jadi ketika suami mendapat amanah melanjutkan kuliah di Bandung, saya memutuskan untuk mengikuti suami ke Bandung.  Kami memang sudah berkomitmen sejak awal menikah, bahwa kami harus terus bersama-sama. Bagaimanapun kondisinya, kami ingin tetap terus bersama dalam satu atap. Mendidik dan membesarkan anak-anak bersama-sama.  Meski pada akhirnya ada hal yang harus dikorbankan, tapi bagi kami ya hidup itu adalah pilihan.

Menjadi keluarga yang sering berpindah-pindah alias nomaden menjadi satu tantangan besar bukan hanya untuk saya tapi juga untuk anak-anak kelak yang harus saya persiapkan dari sekarang. Bagaimana mengatasi masalah psikososial anak di tempat baru? Bagaimana memilihkan sekolah yang terbaik di tempat baru? Bagaimana kelak anak saya memulai beradaptasi menyesuaikan diri di lingkungan baru? Banyak hal! Yang terpenting adalah memang mempersiapkan mental anak untuk mudah beradaptasi dalam berbagai kondisi lingkungannya.  Adakah moms yang juga mengalami hal yang sama dengan saya?


Image Source: https://id.pinterest.com/pin/407857309982606439/

Bagi saya, belajar adalah sebuah proses yang tidak pernah berhenti sepanjang kita masih hidup. Saya berbagi di blog ini bukan berarti karena saya lebih pintar, lebih tau, atau lebih baik. Because sharing is caring. Saya terus belajar menjadi istri yang baik untuk suami saya. Saya terus belajar menjadi ibu yang baik untuk anak-anak saya. Saya terus belajar untuk menjadi lebih baik dibandingkan diri saya yang kemarin.
 
Berbicara tentang hobi, setuju kan moms kalau stay at home mom maupun working mom butuh untuk menyalurkan hobinya sebagai stress release. Beberapa kegiatan stress release yang saya sukai yaitu memasak, membuat kue, foto-foto makanan (food photography), dan juga menulis. Sebenarnya untuk hobi menulis ini sudah saya tinggalkan semenjak saya lulus kuliah dan mulai bekerja. Merasa tidak punya waktu kemudian jadi jarang lagi menulis. Padahal menurut saya, skill itu bukan cuma sekadar passion lho, tapi juga ketekunan dalam melakukannya. Melalui blog ini mudah-mudahan saya bisa kembali membangkitkan skill menulis saya yang cukup lama terlupakan.

Oke moms saya rasa cukup sekian perkenalan dari saya ya. Kita bertemu lagi insyaa Allah di postingan saya selanjutnya ya...
 
Wassalamu'alaykum
-Ummu Akmal-