Bulan lalu, Saka mendadak mogok makan, bukan cuma makanan mpasi rumahan saja, tetapi, benar-benar semua makanan yang biasa dia suka pun dia mogok. Awalnya saya pikir karena mau tumbuh gigi, tapi kok kayanya bukan ya, sampai pada akhirnya pada suatu sore, lagi tidur siang, nyusu, bangun-bangun, langsung muntah yang isinya air semua, dan muntahnya sempat beberapa kali, sampai sempat saya susuin lagi, langsung muntah lagi, sampai kayanya perutnya sakit, soalnya perutnya sampai bunyi-bunyi. :(

 Karena panik, akhirnya saya bawa ke Rs. terdekat, ketemu dengan dokter anaknya, sama dokternya ditanya makan terakhirnya kapan, saya bilang, makan berat terakhir siang, tapi sedikit sekali, perutnya diketuk bunyinya kembung sekali. Pas diperiksa mulutnya, tampak di lidah dan langit-langit dekat tenggorokannya ada putih-putih. Dokternya bilang itu adalah jamur.


Image Source: https://goo.gl/images/WQiJSV

 

Jamur inilah penyebab kenapa Saka mogok makannya semua-semua. Karena tidak ada asupan makanan yang masuk, jadinya dia lemas, muntah-muntah. Akhirnya dikasih obat untuk jamur, sama vitamin dan obat mual.  

Jamur, atau disebut dengan candida, bisa menyerang siapa saja, tempatnya bisa di mana saja, di kulit, di mukosa mulut, dll. Paling gampang menyerang anak bayi pada bagian mulutnya. Mulut bayi bisa berjamur, karena kebersihan rongga mulut yang kurang terjaga. (Di sini kumerasa gagal menjadi dokter gigi😩😂)

Image Source https://goo.gl/images/MBqG93

 

Jamur bisa tertulari dari botol susu, empeng, peralatan makan dan minum yg kurang bersih, atau dari mainan. 

 

Cara untuk mengatasinya:

1. Sebaiknya selalu mengganti "nipple" botol susu dan empeng setiap 3 bulan sekali. 

Image Source https://goo.gl/images/GYZS1S

2. Selalumembersihkan puting payudara ibu dengan sabun dan air hangat setiap sehabis menyusui.
3. Selalu cepat membersihkan alat-alat makan yang sudah selesai dipakai, dan disterilkan. 
4. Membersihkan mainan yang sering dimainkan oleh anak. 
5. Jangan memperbolehkan anak memasukkan jari atau mainan ke dalam mulutnya. 
6. Biasakan mencuci tangan anak sebelum dan sesudah makan. 

Penyakit Jamur sering kambuh jika kebersihan rongga mulut tidak terjaga. Setelah pulang dari dokter, minum obat dua hari, napsu makan Saka langsung membaik, dan jadi lebih rajin bersihin mainan-mainan Saka. Biar jamurnya ga dateng lagi. 

Bye Jamur, selamat datang napsu makan❤️