1. Kenalkan Sistem Amplop

Meski metode atau sistem amplop cukup jadul, tapi hal ini cukup efektif. Bukan orang dewasa saja yang bisa menerapkan sistem amplop melainkan anak-anak juga.  Coba tanyakan kepada anak barang apa yang sangat ia inginkan.

Lalu minta ia menggambarnya pada amplop. Setiap memberikan anak uang jajan atau mendapatkan uang dari kakek-nenek ataupun sanak keluarga yang berkunjung, maka minta ia untuk memasukkannya ke dalam amplop. Jelaskan kepadanya kalau uangnya sudah terkumpul, maka ia bisa membeli benda yang diidamkannya.
 

1. Kenalkan Sistem Amplop
source: https://30seconds.com


 

baca juga

2. Berikan Contoh

Bagian ini sangat penting, Moms. Kalau Moms rajin menabung, maka si kecil pasti akan mengikutinya. Saat menabung, perlihatkanlah kepada anak agar bisa dicontohnya. Contoh, saat ada sisa uang belanja, masukkan uang itu ke dalam botol sambil mengatakan kepada anak bahwa itu adalah botol tabungan Moms. Hal ini akan menunjukkan bahwa menabung merupakan sebuah kebiasaan. Anak adalah peniru ulung, sehingga kemungkinan besar akan meniru hal-hal yang dilakukan orangtuanya. 
 

2. Berikan Contoh
source: http://famfrenzy.com


 

3. Berikan Reward

Pertimbangkan untuk memberikan anak penghargaan karena telah menyimpan uangnya. Salah satu penghargaan itu adalah dengan memberikan anak reward. Misalnya, jika anak menahan diri untuk tidak membelanjakan uangnya dan memilih untuk menabung, maka cobalah berikan hadiah kecil, misalnya membuatkan makanan kesukaannya ataupun mainan. Reward juga bisa Moms berikan kepada anak dalam bentuk pujian.
 

3. Berikan Reward
source: http://www.thehansindia.com


 

baca juga

4. Membuka Rekening

Saat usia anak sudah beranjak besar dan cukup memahami mengenai tabungan, maka coba ajak ia ke bank dan membuka rekening sendiri. Saat ini sudah banyak bank yang menyediakan fasilitas simpanan untuk anak-anak. Jelaskan kepada anak bahwa menabung di bank sangat bermanfaat karena aman dan terdapat bunga yang diberikan setiap bulannya. Dengan demikian ia akan semakin bersemangat menabung di bank. 
 

4. Membuka Rekening
source: http://www.metronews.ca