ASI Booster


Belakangan ini, kesadaran orang tua mengenai pentingnya ASI sudah semakin meningkat. Pemberian ASI eksklusif mulai diutamakan kembali dan menjadi fokus perhatian para orang tua muda. Akan tetapi, beragam masalah seperti ASI keluar sedikit atau tidak lancar membuat pemberian ASI menjadi terhambat. 
 

ASI Booster
source: https://lancarasi.net/


Hal pertama yang harus kamu perhatikan untuk memperlancar produksi ASI sebenarnya adalah dengan mengubah mindset positif dan motivasi untuk menyusui. Setelah itu, lakukan beragam upaya untuk memperlancar ASI seperti dengan rutin memberikan ASI pada anak dan meminum asupan ASI booster. Nah, berikut ini adalah dua jenis ASI booster yang bisa kamu pilih :
 


Booster ASI Alami

Beragam variasi makanan ternyata dapat mengoptimalkan produksi ASI, lho! Akan tetapi, hal ini bekerja secara relatif tergantung pada ibu dan bayi itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa makanan yang ampuh memicu produksi ASI yang dapat kamu gunakan sebagai ASI booster alami :

  • Sayur- sayuran (bayam, wortel, daun pepaya, daun katuk, labu, pare, jagung dan sayuran berwarna merah)

  • Biji-bijian (biji adas, biji jintan hitam, wijen hitam, biji fenugreek, atau biji gandum)

  • Kacang- kacangan (kacang almond, kacang tanah, dan kacang merah)

  • Bumbu dapur (kemangi dan bawang putih)

  • Minyak (minyak zaitun, minyak wijen, minyak biji rami, dan minyak kelapa)

 

ASI Booster
source: http://www.meedme.com/


Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga asupan cairan tubuh dengan mengonsumsi air putih sebanyak 10-12 gelas per hari.
 

baca juga


Booster ASI Suplemen

Selain makanan, kamu juga dapat mengupayakan pengoptimalan produksi ASI dengan mengonsumsi booster ASI suplemen. Suplemen penambah ASI ini pada umumnya terdiri dari 2 jenis :

Suplemen ASI Booster dari Resep Dokter

Setelah persalinan, ibu akan mendapatkan beberapa suplemen dan vitamin berupa tablet yang berguna untuk menambah produksi ASI. Suplemen yang diberikan berbeda-beda tergantung kondisi ibu sendiri. Yang pasti, suplemen ini diberikan berdasarkan resep dari dokter.

Suplemen ASI Booster yang Dijual Bebas

Namun, tidak hanya dari dokter, kamu juga dapat membeli suplemen penambah ASI yang dijual bebas di pasaran. Biasanya suplemen ini bersifat aman karena tidak digunakan menurut resep dokter. Bentuknya pun beragam, mulai dari teh seduh, teh bubuk, hingga susu dewasa. 
 

ASI Booster
source: https://www.pinterest.pt/


Akan tetapi, penting untuk Mommy ketahui bahwa pada dasarnya produksi ASI memang akan berubah-ubah seiring dengan kebutuhan bayimu. Hal ini juga dipengaruhi seberapa sering bayimu menyusu langsung. Dengan kata lain, kamu juga dapat meningkatkan produksi ASI dengan meningkatkan frekuansi menyusui secara langsung. Menyusui secara langsung dapat memberikan kontak fisik yang nantinya akan merangsang kerja hormon tubuh alami yang akan mempengaruhi produksi ASI ibu.