Penanganan ADHD


Pada dasarnya, anak dengan ADHD tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Pada beberapa anak, gejala akan berkurang seiring dengan pertambahan usia. Namun, ada juga yang masih menunjukan gejala yang sama. Untuk itu, diperlukan peran orang tua dalam menanganinya dengan mengkonsultasikan kondisi anak ke dokter.
 

Penanganan ADHD
source: https://www.verywell.com/


Secara garis besar, ada dua cara menangani anak ADHD untuk mengurangi gejala yang timbul, yaitu penanganan dengan obat dan penanganan dengan terapi.
 


Penanganan Dengan Obat-obatan

Obat yang diresepkan oleh dokter sebenarnya tidak dapat menyembuhkan ADHD secara menyeluruh. Akan tetapi, obat-obatan ini akan berguna untuk meminimalisir gejala pada perilaku anak ADHD.

Secara umum, terdapat 5 jenis obat yang umumnya diberikan pada anak dengan ADHD, diantaranya adalah :

  1. methylphenidate
  2. dexamfetamine
  3. lisdexamfetamine, 
  4. atomoxetine,
  5. dan guanfacine.

 

Penanganan ADHD
source: https://www.scripps.org/


Obat-obatan ini dapat meredakan gejala ADHD pada perilaku anak. Dengan kata lain, anak akan menjadi lebih tenang, menurunkan kecenderungan sikap impulsif, dan membuat anak lebih fokus.

Diantara kelima obat tersebut, methylphenidatedexamfetamine, dan lisdexamfetamine adalah termasuk dalam golongan stimulan. Fungsinya adalah memicu proses peningkatan aktivitas otak, khususnya pada bagian pengendalian perilaku dan konsentrasi.

 

baca juga


Penanganan Melalui Terapi

Selain pemberian obat, penanganan anak ADHD juga dapat dilakukan dengan melakukan terapi pada anaknya sendiri. Cara ini dilakukan untuk dapat melatih kemampuan anak secara langsung. Untuk terapi yang dilakukan pada anak ADHD cukup beragam, mulai dari :

  • Terapi perilaku kognitif / CBT (cognitive behavioural therapy). Terapi ini berguna untuk mengubah pola pikir dan perilaku anak saat dihadapkan pada suatu kondisi atau masalah tertentu.
  • Terapi psikologi. Anak dengan ADHD akan lebih diajak untuk berbicara dan berbagi cerita saat melakukan terapi ini. Mereka akan diajak bicara perlahan untuk mengetahui kesulitan yang mereka hadapi dalam menangani gejala ADHD.
  • Terapi interaksi sosial. Jenis terapi yang satu ini bermanfaat untuk membantu anak dengan ADHD dalam memahami bagaimana perilaku sosial yang ideal dalam menghadapi situasi tertentu.

 

Penanganan ADHD
source: https://www.eehealth.org/

 

Meskipun tidak bisa disembuhkan, tapi penanganan yang tepat dapat meminimalisir gejala anak dengan ADHD. Upayakan untuk melakukan penanganan sedini mungkin untuk membantu anak dalam beradaptasi dengan situasi dan kondisi di kehidupan sehari-hari.