Mengajarkan Anak Bahasa Inggris di Rumah

Kebanyakan orang tua akan mulai mendaftarkan anak-anaknya untuk mengikuti kursus bahasa asing. Namun, untuk usia balita, sebaiknya kamu hindari mendaftarkan anak kursus karena akan mengganggu waktu bermainnya. Sebagai gantinya, kamu dapat mulai mengajarkan anakmu sendiri di rumah.
 

Moms, Ini Dia Tips Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Kecil
source: https://www.amazon.com/


Untuk mengajarkan anak bahasa Inggris di rumah, kamu tidak perlu memiliki kemampuan bahasa Inggris yang sempurna. Cukup dengan menunjukan antusiasme dalam menggunakan beberapa kata dalam bahasa Inggris. Mungkin anak tidak akan langsung memberikan respon dengan berbicara bahasa Inggris. Setidaknya, ia mengerti beberapa kata dan kalimat yang kamu ucapkan.
 


Ciptakan Rutinitas

Untuk dapat disiplin dalam menerapkan bahasa Inggris di rumah, kamu harus bisa menciptakan rutinitas berbahasa Inggris yang tepat. Rutinitas ini harus diikuti oleh anak dan juga anggota keluarga lain yang bertugas memfasilitasi anak dalam belajar bahasa Inggris. Waktu yang dibutuhkan pun tidak perlu terlalu lama, cukup 10-15 menit per hari untuk memperkenalkan percakapan singkat atau kosakata harian yang mudah. Selanjutnya, kamu dapat meningkatkan waktu belajar seiring dengan pertambahan usianya.
 
 

Moms, Ini Dia Tips Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Kecil
source: https://www.rd.com/


Dalam memberikan sesi pembelajaran bahasa Inggris, kamu perlu untuk menyiasati waktunya dalam segala kegiatan yang menyenangkan dan menarik. Misalnya saat makan, sempatkan untuk memperkenalkan alat makan dan makanan dalam bahasa Inggris. Selain itu, kamu juga dapat membacakan buku cerita berbahasa Inggris saat anak akan tidur.
 

baca juga


Media Pengajaran Bahasa Inggris

Games

Hal yang harus kamu tekankan adalah bagaimana membuat waktu belajar menjadi menyenangkan. Ini dapat kamu lakukan dengan mengajarkan anak bahasa Inggris dengan berbagai media yang seru dan mengasyikan. Flashcards, misalnya, merupakan salah satu cara yang recommended untuk mengajarkan dan memperkenalkan kosakata baru pada anak. Tidak hanya itu, ada banyak sekali aplikasi dan games edukatif yang dapat kamu unduh di smarphone kamu, seperti : 

1. Action Games : Simon says, Charades, What’s the time Mr Wolf
2. Board Games : Ular tangga atau permainan tradisional lainnya
3. Word Games : I spy, Hangman
4. Educative Application : LearnEnglish Kids.
  
 

Moms, Ini Dia Tips Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Kecil
source: https://www.thespruce.com/


Lagu

Selain games, kamu juga dapat menggunakan lagu untuk membantu anak dalam mengingat dan melafalkan suatu kosakata. Beragam nyanyian anak yang memperkenalkan nama-nama hewan, bagian tubuh, hingga lagu bercerita dengan gerakannya dapat membantu anak dalam menerima pembelajaran bahasa asing.  
 


Materi Dasar Bahasa Inggris Untuk Balita

Untuk mengajarkan bahasa Inggris pada balita, mulailah dengan materi-materi yang mudah dan mendasar. Berikut ini adalah daftar materi yang dapat kamu mulai ajarkan untuk anakmu :

  • Angka (1-10,10-20, 20-100)
  • Warna
  • Kata Sifat Dasar (besar, kecil, tinggi, senang, sedih)
  • Bagian-bagian tubuh
  • Nama-nama Mainan
  • Nama-nama Pakaian
  • Nama-nama Hewan (Hewan peliharaan, hewan liar)
  • Jenis-jenis Makanan

Selain itu, kamu juga dapat mulai mengajarkan beberapa kalimat perintah dan tanya pada sesi bahasa Inggris, misalnya dengan mengatakan “It is English time! Please sit down.” saat akan mulai belajar dan bermain dengan bahasa Inggris. Di samping itu, kalimat-kalimat dasar yang bisa kamu mulai ajarkan, antara lain :

  • “Please, Thank You, Can I have?”  
  • “Where is…?”
  • “ What color is it?”
  • “ It is…”
  • “ I like…”
  • “ I don’t like…”
Moms, Ini Dia Tips Mengajarkan Anak Bahasa Inggris Sejak Kecil
source: https://www.amazon.com/


Nah, itulah beberapa tips untuk mulai mengajarkan anak berbahasa Inggris di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!