Hai, Moms!

Beberapa waktu lalu sempat viral berita soal bayi berusia 10 hari meninggal dunia karena diberi bubur nasi pisang oleh neneknya. Moms udah denger atau baca beritanya belum?

Entah pengaruh hormon lagi hamil atau nggak tapi saya nangis abis baca berita itu. Nggak kebayang rasanya jadi ibu si bayik :'((


http://img.allw.mn

Ternyata masih ada (dan mungkin banyak) ibu-ibu atau orang tua yang masih belum teredukasi dengan baik perihal pemberian MPASI kepada bayi. Seharusnya bayi berusia 0 - 6 bulan HANYA mengkonsumsi ASI dan juga sufor jika ada indikasi tertentu.

Bolehkah MPASI dini?

"Gak sabar pengen liat dia makan deh!"

"Habisnya tiap liat orang makan, mukanya kayak pengen ikutan makan juga. Kasian liatnya."

"Dia terus masukkin tangan ke mulut sih, jadi kasih makan aja deh"

Sebelum memasuki masa MPASI memang akan terlihat kondisi anak yang siap untuk makan, salah satunya 'terlihat kepengen saat liat orang lain makan', lalu ada yang namanya fase oral juga. Jadi belum tentu semua itu indikasi dia lapar loh!

"Bayiku nangis terus padahal udah dikasih ASI. Kayaknya ASIku kurang deh jadi kasih makan aja deh. Abis dikasih makan jadi diem tuh"

Sebetulnya supply ASI mengikuti demand si anak loh, Moms. Cek berat badan, tinggi badan dan lingkar kepalanya dulu apa benar nggak ada pertambahan?Kalaupun ada kasus ASI kurang, masih ada opsi pemberian susu formula untuk bayi yang belum berusia 6 bulan.

Intinya, sebelum memberikan MPASI dini atau memberikan MPASI saat umur bayi kurang dari 6 bulan, berkonsultasilah dengan dokter. Jika memang ketika diperiksa kondisi si bayi dinyatakan siap untuk MPASI atau ada kondisi untuk mengejar berat badan yang kurang, maka silahkan memberikan MPASI dini.


https://usedwigs.com

Metode MPASI mana yang terbaik?

Seperti kita tahu, ada metode pemberian MPASI dengan spoon feeding (rekomendasi WHO dan IDAI) atau BLW (Baby Lead Weaning). Silahkan Moms cari tahu sebanyak mungkin tentang kedua metode tersebut. Saya pribadi menggunakan metode spoon feeding. Baru setelah anak berusia 7 bulan, saya kombinasikan dengan BLW untuk pemberian makanan ringannya dan pemberian makanan berat tetap menggunakan metode spoon feeding. Pada usia tersebut, anak saya sudah dapat duduk dengan tegak dan ajeg serta kekuatan menggenggamnya sudah baik.


https://shk-images.s3.amazonaws.com

Semoga kedepannya, masyarakat kita bisa lebih aware dan teredukasi lagi ya soal pemberian MPASI dini, sehingga berita di atas tidak akan terjadi lagi. Kalau Moms sendiri, pakai metode MPASI yang mana? Share di comment yuk!