Assalamu'alaykum moms!

Bagaimana kabar moms hari ini? Semoga sehat dan semangat selalu yaa. Kali ini saya ingin berbagi resep cemilan dan bekal untuk anak yang insyaa Allah enak dan anak suka. Bahan-bahannya simpel, bisa disesuaikan dengan persediaan di kulkas.



Dalam resep ini saya menggunakan loyang bulat mini diameter 12 cm. Jika moms tidak punya loyang bulat mini, bisa juga dibentuk sendiri dengan menggilas adonan menggunakan rolling pin/botol. Satu resep ini kurang lebih menghasilkan 7-8 buah pizza mini ya moms.

Pizza Mini

Bahan Dough :
20 sdm terigu protein tinggi
1 sdm susu bubuk full cream
1/2 sdt garam
130 ml air putih hangat kuku
3 sdt gula pasir
1 sdt ragi instant
30-40 ml minyak sayur

Bahan Topping :
Saus Bolognese Instant
Keju Cepat Leleh
​​​​​​Bawang Bombay
Sosis Sapi
Chicken Nugget
Mayonese

Cara Membuat

1. Pertama-tama kita akan membuat dough atau adonan kulit pizza. Dalam gelas, campur air hangat, gula, dan ragi instan kemudian aduk sebentar dan diamkan beberapa menit sampai berbusa. Artinya ragi masih aktif. Jika tidak ada perubahan/tidak berbusa sebaiknya ganti ragi yang baru ya moms karena kemungkinan ragi sudah tidak aktif. Ragi yang tidak aktif/mati bisa juga disebabakan karena suhu air yang digunakan terlalu panas. Jadi pastikan airnya hangat suam-suam kuku saja ya moms



2. Campur bahan kering dalam satu wadah. Tuangkan air ragi dan minyak sayur. Uleni sampai kalis sekitar 5 menit. Kemudian tutup baskom dengan kain/serbet lembab selama 20 menit.

3. Ambil sedikit adonan, letakkan di tengah cetakan kemudian ditekan-tekan ke samping menggunakan jari. Kemudan tusuk-tusuk pemukaan dengan garpu. Jika moms tidak punya cetakan mini, bisa juga dengan meletakkan adonan di atas loyang cookies dan digilas dengan rolling pin/gelas. Lalu ditusuk-tusuk permukaannya dengan garpu

4. Oleskan saus bolognese, tata sosis, nugget, bombay, dan taburkan keju cepat leleh serta mayonaise. Untuk variasi topping, moms bisa sesuaikan dengan selera moms yaa. Moms bisa tambahkan daging asap, daging cincang, paprika, dan bahan lain sesuai selera. Atau moms bisa juga menjadikan pizza ini menjadi sweet pizza dengan mengganti saus bolognese dengan selai cokelat dan ditaburi irisan pisang dan keju parut. Bebaaas deh pokoknya.


5. Panggang dalam oven suhu 180 derajat celcius selama kurang lebih 20-30 menit sampai permukaan bawah roti kecoklatan. Sajikan. Selamat mencoba moms.