Hehee sebenernya ini kunjungan museum yang gak disengaja..
Bulan lalu pas lagi pulang kampung ke rumah Uti di Solo, sekalian jalan-jalan ke daerah Sragen ke rumah saudara, karena masih banyak waktu mampirlah kita ke salah satu museum di daerah sana yaitu MUSEUM MANUSIA PURBA SANGIRAN… hihii seketika memori jadi flashback ke masa-masa SMP yah Moms!.
 
Museum Manusia Purba Sangiran ini terletak di Desa Krikilan, Kecamatan Kalijambe, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah, menjadi salah satu objek wisata dan edukasi yang menarik karena merupakan suatu gambaran evolusi kehidupan manusia di masa lampau/jaman purba.
 
Keberadaan museum ini bermanfaat sekali untuk mempelajari kehidupan manusia prasejarah, lengkap dengan diorama fosil manusia purba, hasil budaya, fosil flora fauna beserta informasinya, juga terdapat pula beberapa alat peraga pendidikan. Wahh lengkap sekali yaa koleksi dan fasilitas edukasi di museum ini, tidak heran museum ini merupakan museum purbakala terlengkap di Asia dan dinobatkan menjadi warisan dunia nomor 593 oleh komite World Heritage dan oleh Unesco ditahun 1996.
 
Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000 untuk wisatawan domestic dan Rp. 11.500 untuk wisatawan asing, pengunjung bisa berkeliling museum, ruang pameran, aula, laboratorium, perpustakaan, ruang audio visual yang memutar film tentang kehidupan manusia purba), dan sebagainya. Fasilitas lainnya juga ada toilet, mushola, kantin, dan kios souvenir.
 
Koleksi di dalam museumnya antara lain :
Fosil Manusia Purba : Pithecanthropus Erectus, Pithecanthropus Modjokertensis, Pithecanthropus Soloensis, Homo Sapiens.
Fosil Binatang : Vertebrata, Gajah Purba, Felis Palaejavanica (harimau)
Batu-batuan
Fosil tumbuhan laut
Alat-alat bantu di jaman purba seperti kapak perimbas, alat serpih, bilah, kapak penetak dan sebagainya.
Kebanyakan yang berkunjung kesini adalah para siswa-siswi, ada juga beberapa keluarga dengan anak-anak berusia sekolah, serta beberapa wisatawan asing.

Diraa mah happy2 aja ngliat fosil-fosil, tulang belulang hewan, dan diorama-diorama, tapi belum ibuk ceritain banyak, lhaa menurut nganaa..anak 3taon, hahahaa...
Nanti kalo Dira udah SD/SMP mau kesini lagi deh sambil dia belajar...