1. Kenalkan Beragam Tekstur Makanan

Saat kamu pertama kali memberikan MPASI pada bayimu, pastikan kamu memperkenalkan beragam tekstur makanan secara bertahap. Biasanya, dimulai dari makanan bertekstur cair seperti bubur susu atau bubur saring. Perlahan, kamu dapat mulai membuat bubur dengan tekstur yang lebih kasar hingga akhirnya makanan dengan bentuk yang padat. Awasi saat bayi makan untuk pertama kalinya.
 

source: https://www.livestrong.com/


 


2. Ajarkan Cara Mengunyah Beragam Tekstur Makanan

Saat bayi diperkenalkan makanan bertekstur, biarkan anak beradaptasi dengan segala tekstur dan bentuk makanan. Biasanya, bayi akan belajar melumat, menggerakan lidah untuk memindahkan makanan, hingga menggigitnya sedikit demi sedikit. Kamu dapat memberikan makanan padat yang sudah dikukus agar lebih nyaman untuk bayimu saat menggigitnya. 
 

source: http://www.harlowsearth.com/


 

baca juga


3. Sesuaikan Potongan Makanan

Setelah itu, kamu sudah dapat mulai membiarkan anak mengeksplorasi makanannya. Khususnya untuk makanan-makanan dengan potongan padat, seperti buah dan sayur yang dikukus. Pastikan kamu sudah menyesuaikan bentuk dan ukuran potongan makanan agar nyaman untuk digenggam dan masuk ke dalam mulut si kecil dengan baik. Hal ini penting untuk dapat memfasilitasi anak lebih nyaman dalam mengunyah, menggigit, dan menggenggam tiap makanan yang sedang ia makan.
 

source: http://allparenting.com/


 


4. Perhatikan Kandungan Gizi

Terakhir, ingatlah bahwa melatih bayi makan tidak hanya sekadar untuk memperkenalkan makanan dan cara memakannya. Tetapi juga memberikan asupan gizi dan nutrisi untuk melengkapi kebutuhannya sebagai makanan pendamping ASI. Jadi, kamu juga dapat mulai memperkenalkan menu dan jenis-jenis makanan yang beraneka ragam. Mulai dari sayur kukus dan buah-buahan potong.
 

source: http://www.newkidscenter.com/


Nah, itulah beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat mengajarkan bayimu makan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!