Sebagai seorang wanita yang berperan sebagai ibu dan istri, sudah sepatutnya kamu menyadari peran pentingmu dalam rumah tangga. Salah satunya adalah mendidik anak-anak dengan baik. Meskipun mendidik anak pada dasarnya bukannya peran ibu, kamu perlu untuk membagi tugas dengan pasanganmu agar tumbuh kembang anak dapat berjalan dengan sebagaimana mestinya.
 

Moms, Ini Dia Tanda-Tanda Bahwa Kamu Harus Berhenti Jadi Ibu Bekerja
source: https://www.moneycrashers.com/


Menjadi ibu bekerja ada kalanya kondisi perlu untuk mengalah sejenak demi kepentingan keluarga dan anak. Aktualisasi diri dan kesuksesan karir tidak akan sebanding dengan kondisi keluarga dan anak, khususnya. Untuk itu, kenali kondisi-kondisi berikut ini untuk mengetahui saat yang tepat untuk segera berhenti bekerja :
 


1. Anak Mulai Membangkang
Kesibukan ibu bekerja dengan setumpuk pekerjaan dan aktivitas kantor seringkali membuat seorang ibu gagal dalam membangun hubungan baik dengan anak. Hal ini akan membuat anak lebih seirng melawan dan membangkang jika dinasihati. Hal ini terjadi karena ikatan hati yang renggang sehingga anak menjadi sulit untuk diatur. Berbeda dengan anak yang terbiasa dengan dengan ibu yang cenderung akan patuh meskipun terpaksa.
 

Moms, Ini Dia Tanda-Tanda Bahwa Kamu Harus Berhenti Jadi Ibu Bekerja
source: http://www.parenting.com/


 

baca juga


2. Anak Tidak Menunjukan Rasa Hormat Saat Dinasihati
Saat anak sudah tidak lagi dapat menunjukkan rasa hormat saat dinasihati, kamu perlu segera waspada. Hal ini menunjukan bahwa anak sudah tidak lagi peduli dengan sikapmu sebagai ibunya kepada dirinya sendiri. Sikap acuh atau bahkan melawan dan membantah saat dinasihati menandakan bahwa kamu perlu memberikan perhatian lebih padanya. 
 

Moms, Ini Dia Tanda-Tanda Bahwa Kamu Harus Berhenti Jadi Ibu Bekerja
source: http://www.onlineparentingcoach.com/


 


3. Anak Memiliki Privasi Dari Ibunya
Anak yang belum memasuki masa remaja seharusnya tidak memberikan batasan antara dirinya dan ibunya. Apabila kamu memiliki hubungan baik dengannya, ia akan terus menunjukkan keterbukaan padamu. Namun, berbeda jika anak merasa tidak nyaman saat bercerita kepada ibunya sendiri. Hal ini menandakan kamu harus meluangkan waktu lebih banyak untuk anak agar kepercayaannya kembali terbangun untukmu.

 

Moms, Ini Dia Tanda-Tanda Bahwa Kamu Harus Berhenti Jadi Ibu Bekerja
source: http://aboutfacts.net/


 

baca juga


4. Anak Tidak Mau Menerima Masukan Dari Ibunya
Selanjutnya, jika anak sudah tidak lagi memberikan respon pada setiap masukan dan nasihat yang kamu berikan, waspadalah. Hal ini menandakan anak sudah tidak lagi memiliki kedekatan denganmu sebagai ibunya. Kondisi ini sangat membahayakan sebab anak dapat menerima banyak informasi dan masukan dari sumber yang tidak diinginkan.
 

Moms, Ini Dia Tanda-Tanda Bahwa Kamu Harus Berhenti Jadi Ibu Bekerja
source: http://www.momjunction.com/


 

 

5. Anak Sering Keluar Rumah Tanpa Alasan Yang Jelas
Kebiasaan pergi keluar rumah tanpa alasan yang jelas perlu kamu waspadai dengan serius. Hal ini sangat penting berkaitan dengan keamanan dan keselamatan buah hatimu. Dengan meluangkan waktu lebih banyak di rumah, kamu dapat membangun hubungan dan kepercayaan yang lebih baik.
 

 

Moms, Ini Dia Tanda-Tanda Bahwa Kamu Harus Berhenti Jadi Ibu Bekerja
source: https://www.verywell.com/


Ingat, perkembangan karakter dan kepribadian anak tidak dapat diulang dan diperbaiki. Jadi, tidak ada ruginya merelakan karir dan aktualisasi diri demi anak. Menjadi ibu bekerja memang bagus juga, namun beberapa pertimbangan di atas cobalah kamu pikirkan baik-baik, Moms.