Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Tempat Persalinan


Pada dasarnya, tiap ibu memiliki kecenderungan masing-masing mengenai lokasi persalinan yang tepat untuk dipilih. Bagi beberapa ibu, persalinan di rumah sakit adalah solusi tepat untuk alasan kesehatan dan keselamatan mengingat persediaan obat dan penanganan gawat dapat tertangani dengan lebih cepat dan baik. Namun, bagi ibu-ibu yang lain, melahirkan di rumah akan memberikan kenyamanan tersendiri saat melahirkan sehingga rasa sakitpun akan semakin berkurang.
 

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Tempat Persalinan
source: https://www.babycenter.com.my/


Tentukan Jasa Persalinan Yang Tepat

Hal utama yang membedakan melahirkan di rumah dan rumah sakit adalah jasa persalinan yang ditawarkan. Hal ini tentu berkaitan dengan keinginanmu, kondisimu, dan segala potensi yang akan terjadi pada kandunganmu. 

Layanan Persalinan di Rumah

Biasanya, persalinan di rumah akan didampingi oleh tim bidan. Para bidan ini akan membantu proses persalinan di rumah dengan menggunakan cara alami atau normal. Jika kamu memang berencana untuk melahirkan normal dan dianggap mampu melakukannya, persalinan di rumah bukanlah hal yang masalah untuk kamu lakukan. Jangan lupa untuk mencari rujukan bidan berpengalaman yang memang sering menangani persalinan di rumah. 

Layanan Persalinan di Rumah Sakit

Berbeda dengan layanan persalinan di rumah, persalinan di rumah sakit akan ditangani oleh dokter medis dengan spesialisasi dalam kesehatan wanita serta persalinan bayi. Tim dokter di rumah sakit dapat melakukan tindakan bedah sesar serta metode persalinan khusus sesuai dengan kondisimu saat melahirkan. Kamu juga bisa memperoleh pengobatan untuk mengurangi rasa sakit saat proses persalinan.
 


Konsultasikan Kondisimu

Jika sudah mengetahui garis besar perbedaan mengenai layanan persalinan di rumah dan rumah sakit, ada baiknya kamu mengkonsultasikan kondisi kandungan dan kesehatanmu kepada para dokter dan ahli medis lain seperti bidan. Pastikan kamu melakukan konsultasi ke beberapa dokter rujukan teman dan orang tuamu untuk mendapatkan saran yang terbaik. Kondisi kandunganmu akan memberikan gambaran bagaimana persalinan harus dilakukan. 
 

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Tempat Persalinan
source: https://www.cdc.gov/


 

baca juga


Rumah atau Rumah Sakit, Ya?

Menentukan lokasi persalinan harus ditentukan sejak awal agar kamu dapat mempersiapkan segala kebutuhannya dengan baik. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang mengarahkan lokasi terbaik untuk bersalin :

 

Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Tempat Persalinan
source: http://www.refluxmd.com/


Pilih persalinan di rumah sakit apabila :

  • Para ahli medis, baik itu dokter ataupun bidan menyarankan untuk melakukan persalinan di rumah.
  • Adanya kondisi komplikasi selama hamil.
  • Melahirkan anak kembar sangat disarankan untuk dilakukan di rumah sakit. 
  • Proses melahirkan yang sulit di masa lalu.

Pilih melahirkan di rumah apabila :

  • Kehamilan terbukti sehat tanpa adanya komplikasi.
  • Tidak memiliki riwayat melahirkan yang sulit.
  • Kamu membutuhkan suasana yang tenang dan familiar untuk melahirkan.
  • Kamu ingin menghindari intervensi penanganan medis seperti epidural.
  • Sudah berkonsultasi baik dengan para dokter dan bidan. Pastikan juga bidan yang menangani memang berpengalaman dengan baik.