Popok Sekali Pakai

Para ibu modern cenderung lebih memilih popok sekali karena pakai karena lebih praktis dan bisa menyerap lebih banyak. Tapi untuk segi ekonomi, popok sekali pakai memang lebih boros karena hanya sekali dipakai dan harus langsung dibuang setelah kotor. Untuk menghindari terjadinya ruam atau iritasi pada kulit bayi setelah memakai popok sekali pakai, kamu harus memperhatikan hal-hal berikut:

  • Ukuran popok, ada beberapa pilihan ukuran popok yang bisa disesuaikan dengan bayi, jika terjadi tanda merah pada lingkaran pinggang dan paha bayi setelah memakai popok, coba ganti ukurannya ke yang lebih besar.
  • Daya serap, pilih popok dengan daya serap yang tinggi dan tidak basah setelah terkena urin bayi, karena popok yang berdaya serap kecil akan menyebabkan popok lembab dan kulit bayi bisa memerah.
  • Merk popok, jika terdapat ruam pada bayi padahal ukuranya sudah sesuai dan daya serapnya tinggi, mungkin bayi tidak cocok terhadap merk popok tertentu. Hal ini dapat terjadi karena kandungan yang terdapat dalam popok berbeda-beda.
source: http://www.owletcare.com/blog/baby-diapers-are-they-safe/


 

baca juga

Popok kain

Sebagian ibu masih mempertahankan tradisi lama dengan tetap memakai popok kain untuk bayinya. Tetapi popok modern saat ini sudah tidak berbentuk kain utuh kok, popok kain ini bentuknya seperti celana yang juga praktis untuk digunakan. Warnanya juga bermacam-macam, jadi terlihat seperti memakai celana saat si kecil memakainya. Kelebihan lainnya yaitu popok ini eco-friendly, sebab popok ini bisa dicuci dan dipakai berkali-kali. kekurangan dari popok ini adlaah kamu harus rajin mencucinya dan mengecek apakah popoknya sudah kotor atau belum. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika memilih popok kain untuk digunakan bayi:

  • Jangan cuci popok dengan deterjen yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit bayi yang sensitif. Gunakanlah deterjen yang bersifat hypoallergenic.
  • Pastikan poop bayi langsung dibersihkan sebelum ditaruh di keranjang popok kotor.
  • Rajin-rajin periksa jika si kecil sudah pipis, dan langsung ganti popoknya.
  • Pisahkan popok dengan pakaian lain agar kuman dan bakteri dari popok kotor tidak menyebar.
source: https://www.fitpregnancy.com/gear/cute-cloth-diapers

Semoga tips popok ini dapat membantumu mencegah iritasi pada si kecil ya!